8 Bedanya WA Bisnis dan WA Biasa, Pantes Bikin Untung!

Memahami bedanya WA bisnis dan WA biasa akan membantumu untuk membedakan keduanya sekaligus memahami peran dan fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut. 

Secara tampilan memang sekilas sama. Keduanya memiliki logo berwarna hijau dan ada ikon telepon di bagian tengahnya. Tapi itu jika dipandang sekilas. Jika dilihat lebih lanjut, bahkan dari segi logo saja udah beda banget. 

Baru dari segi logo saja sudah beda. Apalagi jika masuk lebih dalam pada fitur dan fungsinya? Jelas ada banyak perbedaan mendasar antara keduanya. Namun, tidak semua orang tahu apa saja perbedaan dari WA bisnis dan WA Biasa. 

Baca Juga: Contoh Pesan Otomatis WA Bisnis

Bedanya WA Bisnis dan WA Biasa

Nah jika kamu pun penasaran dengan apa saja perbedaan antara WA bisnis dan juga WA biasa, mungkin kami bisa membantumu untuk memahaminya. Yuk, langsung aja simak penjelasannya di sini: 

1. Perbedaan Profil Akun

Ciri-ciri WA bisnis dan WA biasa bisa dilihat dari segi profil akunnya. Perbedaan yang pertama memang bisa kamu lihat dari segi tipe dan informasi yang ada pada profil akun. 

Profil akun ini sendiri adalah fitur yang sangat penting agar orang tahu siapa sih identitas dari pemilik akun tersebut. Biasanya ini juga lah yang menjadi salah satu pertimbangan dari pelanggan untuk percaya pada individu ataupun brand. 

Profil dari akun WhatsApp bisnis umumnya menampilkan informasi yang sangat lengkap mengenai suatu bisnis. Misalnya informasi dari nama bisnis, alamat, kategori, jam operasional, website, sampai penjelasan ringkas mengenai bisnis terkait. 

Bahkan nih ya, kalau kamu upgrade aku WhatsApp Business jadi Akun Business API, maka profil akun WhatsApp yang kamu miliki bisa dapet centang berwarna hijau yang nantinya bisa ningkatin kredibilitas dari bisnis milikmu. 

Nah bedanya WA bisnis dan WA biasa itu kalau WhatsApp yang biasa, dalam profil akunnya hanya ada nama pengguna, informasi singkat, dan juga nomor telepon. 

2. Perbedaan Logo Aplikasi

Perbedaan WA biasa dan WA bisnis yang paling mendasar seperti yang sebelumnya telah kami jelaskan, bisa dilihat dari kedua logo aplikasi tersebut. Warnanya memang sama-sama hijau muda dan memang menjadi sangat ikonik khas WhatsApp. 

Tapi perbedaan yang cukup signifikan justru ada pada logo dari keduanya. Pada logo WhatsApp yang biasa memakai logo gambar telepon yang berwarna putih pada bagian tengah. 

Sementara untuk WhatsApp Business ini memakai logo yang ada huruf ‘B’ dengan warna putih. Coba saja lihat langsung. 

3. Penggunaan Nomor yang Ada Pada Akun

Beda dengan WhatsApp biasa yang cuma memakai nomor ponsel, WhatsApp Business ini bisa memungkinkan pengguna untuk memakai nomor telepon sekaligus nomor telepon kantor maupun rumah untuk bisnismu. 

Tapi WhatsApp tetap saja memberikan saran pada semua pelaku bisnis agar tidak terlalu sering mengganti nomor telepon. Mengapa? Pasalnya nomor tersebutlah yang nanti akan jadi patokan bagi semua konsumenmu. 

4. Fitur Balas Pesan Otomatis

Yap, satu hal lain yang juga menjadi pembeda WhatsApp Business dan WhatsApp biasa adalah fitur-fiturnya. Fitur WA bisnis yang cukup banyak digunakan oleh penggunanya adalah balas pesan otomatis. 

Fitur tersebut bisa membuatmu lebih cepat ketika berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur yang sangat penting ini tidak akan kamu temukan dalam akun WhatsApp Biasa. Contohnya saja nih, saat pelanggan mengetik angka 1, akan ada pesan yang muncul. 

Pesan itu bisa berupa pesan Selamat Datang, Frequently Asked Question (FAQ), maupun beberapa informasi lainnya. Jadi bedanya WA bisnis dan WA biasa pun bisa dilihat dari fitur ini. 

Nantinya, setiap pengguna WhatsApp bisnis bisa menggunakan fitur ini dengan tiga jenis kategori. Langsung cek saja WhatsApp bisnismu untuk tahu mengenai fitur tersebut. 

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan WhatsApp Bisnis!

5. Terdapat Fitur Pesan Siaran

Saat kamu ingin mengirim pesan secara langsung pada ratusan orang, tentunya nggak mungkin kalau kamu mengirimkannya satu per satu. Nah, penggunaan WhatsApp Business ini memungkinkan kamu untuk mengirimnya lebih cepat. 

Yap, pesan yang akan dikirim ke lebih dari satu orang bisa menggunakan template dan dikirim dalam satu waktu. Hal ini tentu jadi fitur pembeda dari WA Bisnis dan WA biasa yang hanya bisa digunakan untuk kirim pesan ke satu orang dalam satu waktu. 

Yap, ini juga menjadi salah satu kelebihan dari WA bisnis sekaligus menjadi jawaban atas pertanyaan apa saja bedanya WA bisnis dan WA biasa. Keren banget, ya!

6. Statistik Pesan

Bedanya WA bisnis dan WA biasa selanjutnya adalah adanya statistik pesan. Fitur statistik pesan ini isinya jumlah pesan yang terkirim, dibaca, juga yang diterima. Adanya fitur ini cuma bisa kamu peroleh di WhatsApp Bisnis. 

Tapi pada WA biasa tentu tidak ada fitur yang sangat penting ini. Fitur satu ini bisa dikatakan sebagai elemen yang penting untuk pemilik usaha. Tentu fungsinya untuk menganalisis kinerja akun dari dashboard akun. 

Nah, dengan adanya fitur ini, pengguna WA bisnis bisa melihat pesan apa saja yang sudah terkirim dan bisa sekaligus melakukan evaluasi terhadapnya. 

7. Labelisasi Pesan Masuk

Jika ingin tahu beberapa hal lain yang jadi bedanya WA bisnis dan WA biasa terletak pada labelisasi pesan masuk. Hal ini sangat memudahkan para pelaku bisnis karena dengan adanya label di chat masuk, komunikasi bisa lebih lancar. 

Kamu nantinya bisa bikin kategori yang sesuai dengan bisnis. Contohnya bisa menulis kategori pesan yang masuk berdasarkan subjek pengirim pesan. Entah itu pelanggan, pihak yang mengajak kerja sama, distributor, dan lainnya. 

8. Konektivitas Profil

Kedua aplikasi ini sebenarnya mendukung tautan klik agar langsung terhubung memakai QR Code atau bisa langsung lewat nomor telepon. Nah agar terhubung memakai QR, pengguna perlu scan kode dulu sebelum memulai obrolan. 

Bedanya WA bisnis dan WA biasa juga terletak di sini. Fitur inilah yang sebenarnya membuat para pelaku bisnis bisa membuat shortlink dari pengaturan akun milik mereka. Shortlink ini kemudian bisa dibagikan langsung pada pelanggan. 

Tujuan dari adanya fitur ini adalah untuk memulai percakapan baru antara akun WA bisnis milikmu dengan calon pelanggan. 

Baca juga: Contoh Deskripsi WA Bisnis untuk Jualan dan Cara Bikinnya!

Kekurangan Penggunaan WhatsApp Business

Daritadi saat menyimak bedanya WA bisnis dan WA biasa dari awal, mungkin kamu melihat semuanya sebagai kelebihan sekaligus fitur-fitur yang membuat para pebisnis tersenyum senang karena lebih efisien. 

Tapi tahu nggak, WA bisnis juga punya kekurangan. Cek kekurangan penggunaannya di sini: 

1. Pesan yang Dikirimkan Terbatas

Meskipun sudah dimanfaatkan oleh banyak pengusaha / pemilik bisnis, ada kekurangan WA bisnis berupa batasan jumlah pesan yang bisa dikirimkan. Kamu hanya bisa mengirimkan 5.000 pesan setiap bulan. 

Tentu saja jumlah ini jelas tidak dapat mengakomodasi kebutuhan pengiriman pesan dari bisnismu. Apalagi kalau bisnismu skalanya udah gede. Contohnya seperti layanan konsultasi kesehatan maupun bimbingan belajar. 

Kamu perlu melakukan verifikasi nomor telepon agar kuota pesan yang dikirimkan bisa lebih banyak. 

2. Tidak Dapat Diintegrasikan dengan Aplikasi Lain

Ini juga jadi kekurangannya. Ketiadaan API, bikin WA Business jadi nggak bisa terintegrasi dengan aplikasi lain. Akibatnya kamu nggak bisa pantau pesan masuk dari banyak aplikasi dengan satu perangkat saja. 

Butuh cukup banyak orang sampai akhirnya bisa melihat semua pesan masuk dari semua media sosial. Hal ini jelas membuat pekerjaanmu jadi kurang efektif. 

3. Sangat Dipengaruhi Jam Operasional 

Kamu tidak bisa merespon pesan pelanggan secara cepat saat hari libur. WA bisnis hanya bisa membuatmu mengirim satu pesan otomatis saja. Selanjutnya baru akan direspon oleh Customer Service. 

Padahal, seringnya pertanyaan dari pelanggan itu akan muncul kapan saja. Hal ini tentu sangat merugikan para pengguna. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai bedanya WA bisnis dan WA biasa yang bisa diketahui sekaligus apa saja kekurangan penggunaan WA bisnis. Semoga jadi pertimbangan, ya!

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar