10+ Contoh Deskripsi WA Bisnis untuk Jualan dan Cara Bikinnya!

Sedang ingin nambahin deskripsi untuk profil WhatsApp Business milikmu? Kamu udah dateng ke tempat yang tepat. Di sini, kamu bisa mendapatkan beberapa contoh deskripsi WA bisnis secara lengkap.

Nggak itu doang kok. Kamu pun bisa praktik sendiri gimana cara bikin deskripsi, cara bikinnya, dan bahkan kategori WhatsApp Business dari akun milikmu. Dengan begitu, informasi yang kamu peroleh bisa cukup lengkap. 

Kamu pun bisa menjadikan beberapa contoh yang ada di sini sebagai referensi agar bisa membuat deskripsi WhatsApp Business sendiri. Contohnya pun bervariasi yang dibagi menjadi beberapa kategori. Langsung cek aja ya biar tahu. 

Baca Juga: Contoh Pesan Otomatis WA Bisnis, Buat Gaet Pelanggan!

Apa Itu Deskripsi WA Bisnis?

Sebelum kami memberikan beberapa contoh deskripsi WA bisnis, mungkin ada baiknya untuk tahu lebih dahulu mengenai deskripsi WA bisnis itu sendiri. 

Jadi, deskripsi WhatsApp Business itu merupakan gambaran umum dari semua hal yang memang perlu diketahui oleh pelanggan mengenai bisnis yang kamu miliki. 

Nantinya di sini kamu bisa menampilkan detail seperti profil persahaan juga jenis produk serta layanan yang ditawarkan. Dalam deskripsi, kamu dibatasi sampai dengan 256 karakter. 

Jadi sebisa mungkin harus dibuat dengan singkat. Boleh sih pake emoji, jangan ragu juga buat memakainya di deskripsi buat memamerkan apa yang menjadi kepribadian dari merk yang kamu kelola.

Hanya saja, ingat agar tidak memakainya dengan berlebihan. Tujuannya yakni untuk menjaga profesionalisme. Selain itu, patut diperhatikan kalau fitur ini cuma ada di WhatsApp Business juga WhatsApp Business API saja. 

Kamu bisa nambahin deskripsi di dua platform itu ketika lagi bikin akun dan mengedit maupun memperbarui profilnya. 

Baca Juga: Contoh Kalimat Pesan Otomatis Online Shop yang Menarik

Manfaat Menggunakan Deskripsi untuk WhatsApp Bisnis

contoh deskripsi wa bisnis

Selanjutnya, kamu juga harus tahu nih mengapa harus pakai deskripsi WA keren yang contoh lengkapnya akan dijelasin di sini. Yap, penggunaannya bisa memberimu beberapa manfaat. 

Utamanya sebagai sumber informasi yang bisa diperoleh dengan cepat oleh pelanggan mengenai detail yang memang butuh untuk diketahui dari bisnis yang kamu jalankan. Punya deskripsi yang jelas pun bisa memberimu banyak hal. 

Contohnya saja, pelanggan yang melihatnya bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang merk bisnismu. Jika deskripsinya menjelaskan produk juga layanan yang tengah dicari, besar kemungkinan mereka akan melanjutkan percakapan. 

Baca Juga: 8 Bedanya WA Bisnis dan WA Biasa, Pantes Bikin Untung!

Cara Menambahkan Deskripsi WhatsApp Bisnis

Demi bisa menerapkan contoh deskripsi bisnis online yang setelah ini akan dibagikan, kami mau nanya dulu deh. Kamu udah tahu atau belum cara untuk membuat atau menyiapkan deskripsi WhatsApp Business? Kalau belum, cek aja di sini: 

1. Cara Menambahkan Deskripsi di WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business ini merupakan aplikasi yang sangat memudahkanmu untuk mengutur deskripsi dengan native pada aplikasi. Berikut ini cara buat nambahin deskripsi pada profil bisnismu di aplikasi WhatsApp Business: 

  • Buka menu Pengaturan di WhatsApp Business. 
  • Pilih profil bisnis. 
  • Scroll ke bawah dan pilih Deskripsi Bisnis. 
  • Klik bagian atas, dan tuliskan deskripsi bisnis yang diinginkan. 
  • Klik Simpan kalau sudah selesai. 

Cara untuk membuat atau menambahkan WhatsApp Business ini emang sangat mudah. Kamu bisa melakukannya sekarang juga. 

2. Cara Menambahkan Deskripsi di WhatsApp Business API

Kalau kamu sudah menghubungkan WhatsApp API pada kotak masuk pesan, kamu pun bisa mengatur deskripsi di platform. Adapun caranya untuk menambahkan deskripsi bisnis di sini bisa kamu cek pada bagian berikut: 

  • Buka Pengaturan pada panel navigasi, letaknya ada di kiri. 
  • Pilih Saluran. 
  • Klik WhatsApp Business API. 
  • Pilih Profil. 
  • Silakan langsung tambahkan deskripsi pada profil bisnis. 
  • Klik Simpan Profil kalau sudah selesai. 

Baca Juga: Nggak Heran Pakai WA Bisnis Bisa Untung Banget

Apa yang Bisa Ditemukan dalam Fitur Deskripsi WhatsApp Business?

Punya deskrispsi WA aesthetic tentu saja sangat berdampak pada bisnismu lantaran bisa menjangkau pelanggan yang lebihi luas. Dalam fitur ini, kamu bisa menemukan beberapa hal. 

Pada profil WhatsApp Business, kamu akan menemukan dua bagian yakni Deskripsi dan Tentang. Kamu bisa memakai kedua bagian tersebut untuk membahas bisnismu. Sangat disarankan fokus pada deskripsi dari bisnis itu sendiri. 

Hal itu sangat penting karena hal yang pertama dilihat oleh pelanggan ketika mengunjungi akun milikmu adalah profil bisnis itu sendiri. Selain itu, bagian Tentang ada di sebelah bawah profilmu. Dan ini tidak terlalu penting. 

Pastikan untuk melihat beberapa contoh deskripsi WA bisnis yang ada di sini dan menambahkannya langsung pada akun milikmu. Selain rinci, pelanggan pun bisa melihat langsung inti dari bisnis yang sedang kamu jalankan. 

Selain itu, coba juga pertimbangkan untuk menambah nilai jual yang unik pada bisnis untuk memberi tahu pelanggan mengenai produkmu dan mengapa produkmu lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitor. 

Contohnya aja nih, kamu jualan karya seni yang merupakan produk hasil dari buatan tangan. Jika menggunakannya, tentu deskripsi bisnismu akan lebih unggul dan lebih menonjol dibandingkan yang lain. 

Aspek selanjutnya yakni Call to Action. Tentu kamu pun harus menambahkannya. Pelanggan yang sudah lihat profilmu dan sudah tertarik, tentu perlu diarahkan untuk segera terhubung denganmu. 

Contoh Deskripsi WA Bisnis

contoh deskripsi wa bisnis

Nah biar nggak bingung sendiri untuk bikin deskripsi WA Business aesthetic dan juga berbagai kategori deskripsi lainnya, coba deh perhatikan beberapa contoh yang ada di dalam artikel ini: 

1. Contoh Deskripsi WA Bisnis untuk Pemakaian Umum

Jika kamu tidak ingin menggunakan deskripsi yang variatif, coba pertimbangkan untuk menggunakan deskripsi WhatsApp untuk pemakaian umum seperti yang ada pada contoh berikut: 

a. ‘Selamat datang di (Nama Bisnismu). Kami menawarkan produk hasil rajutan buatan tangan yang unik dan menarik tapi juga nyaman ketika dikenakan. Jam operasional kami mulai dari hari Senin – Minggu pukul 09.00 -17.00 WIB. 

b. Ada banyak makanan dan minuman yang kami sediakan. Tinggal pilih produk yang kamu inginkan, lalu hubungi kami. Tim kami akan segera memastikan produk tersebut ada di depan pintumu. Yuk, segera pesan!

c. Hari-harimu suntuk karena rutinitas pekerjaan yang membosankan? Jalan-jalan pakai travel kami solusinya! Destinasi yang kamu tuju, bukan lagi sebuah impian. Dengan dukungan armada yang lengkap dan sopir profesional, liburanmu akan terasa mudah!

2. Deskripsi Profil Promosi Penjualan

Nah untuk contoh kategori WA bisnis satu ini tujuannya untuk promosi penjualan. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian pelanggan. Di sini ada ajakan untuk melakukan tindakan agar kamu bisa segera closing. Contohnya yakni: 

a. Pernikahanmu tinggal sebentar lagi dan persiapannya belum matang? Hubungi kami untuk dapat bantuan perencanaan dan koordinasi hari pernikahan! Kamu cukup duduk tenang dan melihat semua persiapan pernikahan telah berjalan lancar karena kami!

b. Air mineral yang kami jual, berasal dari pegunungan terbaik dan murni tanpa adanya campuran bahan kimia. Segera pesan air murni pegunungan untuk mendapatkan kesegaran paling nyata!

c. Toko kue paling baik di kotamu! Dengan banyaknya dessert yang lezat, kegiatan makanmu jadi lebih nikmat. Kami memproduksi kue dengan bahan-bahan terbaik dan kualitas tinggi. Yuk, hubungi kami untuk pemesanan. 

3. Contoh Deksripsi WA Bisnis untuk Layanan Pelanggan

WhatsApp pun dapat menjadi saluran yang tepat untuk menjawab beberapa pertanyaan dari pelanggan. Coba deh jadikan WhatsApp Business yang kamu jalankan sebagai tempat pelayanan pelanggan dengan contoh deskripsi WA bisnis ini: 

a. Males ngantri untuk membersihkan kendaraanmu? Langsung reservasi dan atur jadwalmu untuk membersihkannya di (Nama Bisnismu). Ada promo khusus untuk pemesanan lewat WhatsApp. 

b. Kami menawarkan dompet kulit berkualitas yang didesain dan dibuat oleh tangan-tangan terampil langsung di Italia. Silakan kunjungi toko kami atau pesan langsung lewat WhatsApp jika kamu malas datang ke toko!

c. Lagi nyari interior rumah agar tampak lebih modern? Kamu udah dateng ke tempat yang tepat. Langsung hubungi kami untuk tahu informasi lebih lengkap mulai dari pemesanan sampai dengan pengirimannya. 

4. Contoh Deskripsi WA Bisnis untuk Promo

Tidak hanya untuk beberapa hal di atas saja. Deskripsi WhatsApp Business pun bisa kamu gunakan untuk menawarkan promosi maupun layanan di hari-hari khusus. Cek contoh lengkapnya di sini: 

a. Distributor air mineral paling besar di Indonesia. Segera belanja berbagai merk dan produk air mineral terbaik di sini. Langsung hubungi kami untuk dapat berbagai promo. Ada diskon juga, loh!

b. Butuh bouqet bunga untuk wisuda ataupun pernikahan? Segera hubungi kami untuk mendapatkan karangan bunga yang segar dan cantik. Kamu pun bisa meminta untuk mengirimkannya langsung pada orang yang dicintai, loh!

c. Selamat hari raya! Kami punya produk kotak hadiah juga hampers buat orang-orang tercinta. Ada set hadiah hand made, hampers buat semua yang kamu cintai. Langsung hubungi kami untuk pemesanan!

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar