9 Sumber Sumber Peluang Usaha + Contoh Sosok Inspiratifnya

Sepertinya, tidak ada jawaban pasti mengenai sumber sumber peluang usaha. Ia bisa datang dari mana saja dan bahkan kapan saja. 

Bisa ketika kamu sedang asik bengong, clingak-clinguk melihat lingkunganmu, dan tak jarang ketika sedang dalam kamar mandi. 

Tahu Elon Musk? Ada podcast menarik yang menjelaskan jika Elon Musk sering menemukan ide bisnis atau pemecahan masalah ketika ia mandi. Mereka menggunakan bahasa ‘Showering”.

Lucu, memang. Namun, ini fakta yang cukup sulit untuk dibantah. Tapi, mengapa mengetahui sumber dari peluang usaha begitu penting? 

Mengapa Tahu Sumber Sumber Peluang Usaha Sangat Penting? 

Sebelum membaca ini lebih lanjut, sebaiknya pahami pengertian peluang usaha agar saya nggak repot jelasin ulang dalam artikel ini. 

Sudah paham? Baik, selanjutnya kamu bisa belajar mengenai ‘Why’. Mengapa memahami berbagai sumber usaha itu sangat penting?

1. Sudah Pasti, untuk Memulai Bisnismu Sendiri

Ada penjelasan menarik yang saya temukan di Quora. Ia menjawab, tahu sumber peluang usaha tentunya untuk memulai bisnis sendiri. 

Ini adalah tujuan paling sederhana dari memahami sumber dari business opportunity. Kamu bisa mulai bisnis, apalagi jika sudah jenuh dengan pekerjaan rutin yang membosankan, atau pusing dengan tekanan dari atasan tempatmu bekerja. 

Tidak, saya tidak menyuruhmu untuk memulai usaha. Hanya saja, ada kebebasan yang lebih besar jika memulai usaha sendiri. Jika ingin mendapatkan kebebasan itu, pelajarilah sumber sumber peluang usaha yang ada di sini. 

2. Tahu ke Mana Uang Dialokasikan

Sudah memiliki uang yang cukup, jumlahnya besar, dan mungkin tak habis dalam 7 turunan tidak membuatmu lantas paham untuk apa uang itu. 

Jawabannya, belajar sumber-sumber dari peluang usaha. Mengapa? Untuk tahu ke mana uangmu akan dialokasikan. 

Alih-alih berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, jauh lebih bijak untuk ‘mempertaruhkannya’ membangun suatu bisnis. 

3. Kepuasan Pribadi

Saat ada ide dan peluang yang terbuka dan memang sesuai dengan kesukaanmu, maka tahu peluang yang ada akan meningkatkan kepuasan pribadi. 

Sumber Sumber Peluang Usaha

Kebingungan mendapatkan ide usaha? Sudah punya uang tapi bingung mau alokasi ke mana? Sebaiknya pahami beberapa sumber dari peluang usaha. 

1.  Dalam Diri Sendiri

Loh? Kok dari dalam diri sendiri? Gimana maksudnya? 

Betul. Salah satu materi peluang usaha bisa didapatkan dari dalam diri sendiri. Dengan menengok kembali ke dalam dirimu, menemukan peluang usaha yang sesuai bukan lagi hal yang sukar. 

Kamu bisa mengamati dirimu, apa yang menjadi hobimu, pikirkan kembali bakatmu, serta apa yang benar-benar kamu sukai. 

Kata-kata seperti passion, bakat, minat, mungkin jadi kata yang sudah klise. Namun, ini termasuk salah satu dari sekian banyak sumber sumber usaha. 

Tahu Bill Gates? Menurut Inc.com, ia adalah sosok yang menjadi bukti bahwa peluang usaha dari dalam diri sendiri bisa membawamu pada kesuksesan yang cukup besar. 

Tak hanya itu. Sebaiknya, cobalah mencari beberapa sosok ini untuk tahu bahwa mengikuti passion, benar-benar bisa membawamu menuju keberhasilan: 

  • Brandon Stanton (Fotografer)
  • Jim Koch (Pendiri Boston Beer Company)
  • Yvon Chouinard (Pendiri Patagonia)
  • Kevin Plank (Under Armour)
  • Walt Disney (Animator)

Sepertinya, untuk poin sumber usaha yang datang dari dalam diri sendiri sudah sangat jelas. 

2. Pengalaman Pribadi

Selanjutnya, pengalaman pribadi bisa juga menemukan berbagai ciri-ciri peluang usaha dengan potensi capaian besar di masa depan. 

Nadiem Makarim misalnya. Sebelum ia mengembangkan GoJek, ia sendiri merasa bahwa ojek pangkalan dapat membantunya dalam peningkatan mobilitas saat bekerja terutama di Jakarta. 

Akhirnya, pengalaman inilah yang menjadikan GoJek bisa sebesar sekarang. Jika ingin menemukan sumber sumber peluang usaha dari pengalaman, sebaiknya coba banyak hal dan amati berbagai macam hal. 

3. Spin-Off dari Pekerjaan/Pengalaman Kerja

Sebenarnya, ini mirip dengan poin kedua tadi: pengalaman. Ini bisa kamu peroleh saat kamu telah mengantongi berbagai macam pengalaman dari tempat kerjamu sebelumnya. 

Adanya pengalaman kerja, bisa membuka berbagai peluang bisnis yang tak ada habisnya. 

Contohnya, ada Hope Horner yang di laman Forbes banyak menceritakan pandangannya mengenai peluang usaha dan pentingnya punya pengalaman di bidang terkait. 

Ia adalah CEO dari perusahaan produksi video, Lemonlight. Sebelumnya, Hope Horner bekerja sebagai pemasar berbasis komisi dalam bidang sejenis. 

Akhirnya, ia mampu menjadikannya sebagai salah satu dari berbagai sumber sumber peluang usaha yang saat ini, sudah sukses dikembangkan sendiri. 

4. Analisis Market Gap

Sederhananya, mengetahui apa yang menjadi kesenjangan di pasar. Ada orang yang berkata jika kebutuhan, merupakan sumber dari penemuan tertentu. 

Nah, kebutuhan pasar juga menjadi salah satu dari sekian banyak sumber sumber peluang usaha. 

Salah satu cara untuk menemukan apa yang dibutuhkan oleh pasar, yakni dengan analisis market gap atau kesenjangan yang terjadi di dalamnya. 

Sumber-sumber peluang usaha dan contohnya ini begitu jelas. Analisis market gap akan memberimu informasi tentang produk dan jasa yang memiliki permintaan lebih tinggi daripada supply/penawarannya. 

Analisis ini akan membantu setiap pengusaha dalam mengenali kondisi dari produk dan jasa saat ini di pasaran. 

Misalnya, ada produk kalung berbahan dasar perak di pasaran yang cepat menghitam. Padahal, permintaan kalung berbahan dasar sejenis dan tak cepat menghitam sangat tinggi. 

Pasar susah menyediakannya, dan inilah yang menjadi ‘gap’ atau kesenjangan antara permintaan dan penawaran. 

Dengan ini, kamu akan menemukan sumber peluang usaha yang berpotensi laris dan disukai di pasaran. Intinya, kamu akan menjadi pihak yang bisa menjembatani kesenjangan yang ada. 

5. Perubahan di Lingkungan

Ada satu sumber peluang usaha yang sudah tentu, tidak bisa dilupakan. Itu adalah sumber peluang usaha dari lingkungan. 

Peluang usaha bisa muncul dari berbagai macam perubahan di lingkungan atau tempatmu hidup. 

Misalnya, terjadi suatu perubahan tren, gaya hidup di masyarakat, aturan pemerintah, kemajuan teknologi, hingga tekanan dari kerja yang ada. 

6. Wawasan, Keterampilan, dan Pengetahuan

Salah satu dari banyak sumber sumber peluang usaha lainnya adalah wawasan, keterampilan, dan juga pengetahuan. 

Bahkan, ini juga mencakup ide kreatif karena cenderung memberikan semacam produk atau jasa yang baru atau sama sekali belum pernah ada sebelumnya. 

Kamu bisa melihat beberapa nama seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan lainnya untuk memahami bahwa wawasan, keterampilan, dan pengetahuan amat diperlukan. 

Mereka tidak hanya memberi nilai tambah, melainkan membuat produk yang memang sama sekali baru dan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. 

7. Penambahan ‘Value’ pada Produk yang Telah Ada

Alih-alih membuat produk baru dengan peluang yang masih belum jelas, penambahan value tertentu pada produk yang sudah ada juga jadi salah satu dari berbagai sumber sumber peluang usaha yang telah saya sebutkan. 

Ini adalah faktor eksternal. Di pasaran, kamu mungkin melihat ada Tesla yang merupakan mobil listrik tercanggih dan paling proper saat ini. 

Namun, kamu melihatnya sebagai produk dengan harga yang kurang terjangkau. Akhirnya, kamu menambahkan ‘value’ dengan bikin produk mobil listrik yang harganya lebih bisa dijangkau masyarakat banyak. 

8. Masalah yang Tengah Dihadapi

Ini juga berbeda. Kamu bisa melihat saat orang-orang kini sudah banyak beralih dari belanja konvensional jadi belanja online. 

Itu terjadi karena apa? Yap, bisnis yang memudahkan banyak orang berbelanja online adalah salah satu contoh sumber sumber peluang usaha dari masalah pandemi yang ketika itu sedang dihadapi. 

9. Keluhan Pelanggan

Selanjutnya, ada sumber peluang dari keluhan pelanggan. Keluhan menjadi bagian penting dari customer relationship yang nanti akan mengarah pada pengembangan untuk produk serta layanan baru dan yang lebih baik. 

Setiap ada pelanggan yang kecewa, artinya kepuasan tak tercapai dengan produk yang sudah ada. 

Hal ini bisa menjadi data penting untuk mengembangkan produk yang memang dibutuhkan pelanggan. Dan, Voila! Ada ide bisnis baru yang mengeluarkan produk sesuai dengan permasalahan yang sering dikeluhkan pelanggan. 

Dengan ini, selesailah pembahasan mengenai sumber sumber peluang usaha yang bisa kamu pelajari. Setelah dari sini, mau cari peluang usaha dari sumber yang mana? 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar