Analisis Usaha Fotocopy Modal 5 Juta dan Tipsnya

Ingin mulai usaha fotocopy? Sediain dulu modalnya. Kamu bisa loh memulai usaha fotocopy modal 5 juta. Yap, beneran cuma 5 juta aja. Modalnya kecil, tapi hasilnya lumayan, kok. 

Banyak loh yang udah mulai usaha fotocopy ini hanya dengan modal 5 juta saja. Rata-rata pun berhasil. Tapi, karena ada sejumlah faktor. Misalnya saja, mereka punya tempat usaha yang cukup strategis. 

Kadang juga gara-gara dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya. Jalan untuk berhasil dalam suatu usaha itu nggak ada yang tahu. Namun, setidaknya tahu sedikit banyak tentang usahanya lebih dulu sebelum menjalankannya. 

Kebutuhan Usaha Fotocopy Modal 5 Juta dan Modalnya

Sebenarnya, tahap ini masuk ke dalam kategori budgeting. Modalmu terbatas, maka dari itu alokasinya harus jelas dan terencana. Investopedia menjelaskan ada paling tidak 5 tujuan utama mengapa budgeting itu dikatakan sangat penting. 

Salah satunya agar tidak terjadi overspending. Jika terjadi, budget awalmu terbuang sia-sia dan hasilnya tidak maksimal. Maka dari itu, budgeting begitu penting. Nah, untuk yang modal awalnya 5 juta, ini rincian kebutuhannya: 

1. Tools Fotocopy, Printer, dan Scan

Lantaran usahamu adalah usaha fotocopy, maka ‘alat perang’ utama yang wajib tersedia adalah alat untuk fotocopy, printer, dan scan. 

Kemahalan? Enggak kok. Soalnya, sekarang udah banyak printer yang punya fitur fotocopy dan scan. Istilahnya 3 in 1. Dalam satu alat, ada tiga fungsi yang berbeda. 

Rekomendasi alat untuk usaha fotocopy modal 5 juta adalah dari Epson. Lebih tepatnya Epson Ecotank. Bisa juga memilih HP Smart Tank. 

Kedua printer ini memiliki fitur tambahan yang bisa bikin kamu nge-print, fotocopy, sekaligus scan. 

Penggunaan tinta Ink, akan membuatmu mudah untuk mengaplikasikannya. Harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan printer berjenis laserjet. 

Kualitasnya oke: bisa untuk berbagai jenis kebutuhan mulai dari print tugas, bahkan untuk fotocopy hitam putih. Print cetak warna pun hasilnya bagus. 

Hanya saja, mesti ada kekurangan dari alat ini. Kekurangannya yakni untuk fotocopy. Kamu hanya bisa fotocopy max 1 – 5 lembar saja. Kurang pas buat kebutuhan fotocopy yang rata-rata lebih dari 20 lembar untuk sekali penggunaan. 

Tapi buat modal 5 juta, alat ini cukup worth kok. Harganya pun di range 3 jutaan. Jadi, modal awalmu bisa untuk beli ini. 

2. Alat Tulis Kantor (ATK)

Biar nggak fotocopy aja, cobalah sekalian buka usaha fotocopy dan ATK. Kamu bisa nyediain ATK yang kulakannya di range 1,5 juta rupiah dulu. Jadi, biaya awalnya Rp3 juta + Rp1,5 juta. Totalnya Rp 4,5 juta. 

Oh iya, untuk ATK-nya bisa bervariasi mulai dari map, pensil, bolpoin, klip kertas, dan lain sejenisnya. Cari yang murah-murah dulu dan sesuai target pasar. 

Cobalah membeli berbagai jenis ATK yang mungkin dibutuhkan oleh cukup banyak orang. Misalnya saja, buku, kertas, dan lain sejenisnya. 

3. Sediakan Pulsa, Token, dan Materai

Yap, selanjutnya tinggal menyediakan pulsa, token, dan juga materai. Usaha ini begitu cocok jika kamu menyediakannya dalam usaha fotocopy. 

Sisa modal yang tersedia adalah Rp500 ribu. Nah, modal yang tersisa bisa kamu belanjakan untuk kebutuhan membeli ketiga jenis barang dagangan tersebut. 

Keuntungan untuk penjualan pulsa, token, maupun materai ini emang nggak besar. Tapi, sesuai dong sama modal yang kamu keluarkan? 

Jadi, total modal usaha fotocopy kecil kecilan ini bisa pas Rp 5 juta aja. Tambahin aja kalau mau totalnya: 

  • Mesin printer, fotocopy, dan scan: Rp 3 juta. 
  • ATK: Rp 1,5 juta
  • Materai, pulsa, dan token: Rp500.000

Baca Juga: Cocok Buat Usaha Sampingan, Ini 7 Keripik yang Lagi Booming!

Keuntungan Usaha Fotocopy

Banyak banget loh hal yang bisa jadi alasan mengapa harus buka usaha fotocopy ini. Berikut penjelasannya: 

1. Banyak yang Butuh

Kebutuhan jasa fotokopi masih cukup tinggi, kok. Di kalangan masyarakat, mungkin hampir semua rumah membutuhkannya. 

Soalnya akan ada anak sekolah yang butuh fotocopy untuk print tugas. Selanjutnya, di setiap rumah pasti ada yang kerja kantoran dan butuh fotocopy untuk pekerjaannya. 

Ada mahasiswa juga yang seringkali dikejar-kejar untuk bikin laporan. Jadi, permintaan masyarakat akan jasa fotocopy ini memang masih relatif tinggi. 

Kamu bisa menjangkau berbagai segmen pasar. Indeed, menjelaskan bahwa permintaan yang tinggi itu sangat penting buat usaha apapun. 

Dalam ulasannya menjelaskan, bahwa market demand yang tinggi akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, peluang untuk pengembangan usaha, dan keuntungan yang potensialnya cukup besar. 

Ini adalah salah satu alasan why u should start usaha fotocopy modal 5 juta ini. 

2. Laba yang Lumayan

Yap, modalmu hanya 5 juta rupiah. Tapi, untuk keuntungannya bisa kok balik modal dalam 3 bulanan. Intinya, kamu harus melayani dengan baik. 

Kualitas dari cetakan atau fotocopy-nya pun harus benar-benar kamu perhatikan. Jadi, hasilnya bisa buat muter usaha lagi. Bahkan cukup kok untuk biaya hidup sehari-hari. 

3. Potensi Pengembangan yang Masih Luas

Kamu pun bisa mengembangkan bisnis ini secara perlahan. Jika kecil, memang begitu. Perkembangannya harus pelan-pelan, tidak bisa langsung bikin toko besar. 

Tapi, tak masalah. Selama kamu konsisten menjalankan bisnis ini, pasti berkembang jadi usaha fotocopy dan ATK yang lebih besar. 

Lambat laun, kamu mulai bisa menabung hasil pendapatan untuk membeli mesin fotocopy. Secara sederhana, kamu mulai bisa menambah stok ATK yang akan dijual. 

Intinya harus digarap dengan sepenuh hati dan konsisten. Pasti ada hasilnya, kok. 

Risiko Usaha Fotocopy

Di mana-man, hampir semua bisnis pasti memiliki risiko. Mulai dari risiko yang kecil, hingga yang besar. Begitu pun dengan usaha fotocopy modal 5 juta ini. Berikut risikonya: 

1. Kalah Saing dengan Kompetitor

Sekarang ini, bayangin aja ada berapa orang yang punya ide buat buka usaha fotocopy. Nggak kamu doang. 

Apalagi, sekarang mungkin banyak juga yang sudah punya modal 5 juta rupiah. Entah karena menabung atau mungkin sudah bekerja jadi pegawai atau karyawan. 

Modal lima juta, bukan hal yang sulit untuk kita dapatkan di era sekarang. Jadi, kemungkinan kamu masih kalah dengan kompetitor masih sangat besar. 

Banyak loh yang memiliki modal lebih dari yang kamu punya. Jika kalah besar, biasanya orang-orang akan memilih toko yang besar dan lengkap. 

2. Sangat Bergantung pada Alat

Yap, usahamu sangat bergantung terhadap alat-alat yang ada. Sekali aja rusak, bisa-bisa butuh waktu cukup lama buat memperbaikinya. 

Pelanggan banyak yang nyari, mereka nggak dapat apa yang mereka mau, akhirnya pindah langganan. 

Maka dari itu, ketahui batas penggunaan alat dan pemakaian secara benar. Tujuannya agar tidak gampang mengalami kerusakan. 

3. Harga Bahan Baku yang Fluktuatif

Mesin fotocopy membutuhkan tinta sebagai bahan bakunya. Selain itu, juga butuh kertas. Nah, kedua barang ini harganya fluktuatif. 

Jika naik terlalu tinggi, keuntunganmu tipis. Maka dari itu, persiapkan saja agar tidak terlalu kaget ketika keuntungan tipis karena naiknya bahan baku. 

Apa yang Bisa Membuat Usaha Fotocopy Modal 5 Juta Berhasil? 

Opportunity India yang merupakan website bisnis yang cukup terkenal, menjelaskan ada sejumlah faktor yang membuat bisnis fotocopy bisa berhasil atau sukses. Penjelasannya akan kami rangkum beserta faktor-faktor lainnya: 

1. Lokasi

Dalam bisnis fotokopi, lokasimu menjadi salah satu faktor keberhasilannya. Tidak sama dengan bisnis lain, usaha fotokopi ini tidak membutuhkan tempat yang strategis. 

Intinya, lokasi yang kamu butuhkan hanya lokasi yang relevan. Apa maksudnya? Relevan di sini dalam hal kedekatanmu dengan pihak-pihak yang membutuhkan jasa fotokopi. 

Misalnya, berlokasi di dekat sekolah, kampus, atau areal perkantoran. Jika berada di area tersebut, yakin deh bakal berhasil. 

2. Device & Equipment

Tentu saja, peralatan jadi faktor penting dalam keberhasilan usaha ini. Kamu butuh peralatan yang memadai untuk fotocopy. 

Sebenarnya, indikator alat fotokopi itu bagus atau tidak yakni kemampuannya yang dapat menghasilkan 40 – 50 lembar copies per menitnya. 

Hal ini nantinya akan mempengaruhi kepuasan pelanggan karena waktu yang kamu butuhkan lebih singkat. 

Memang, usaha fotocopy modal 5 juta memiliki kelemahan tersendiri karena belum bisa membeli mesin yang proper. 

3. Tawarkan Harga Terbaik

Ini adalah salah satu metode yang cukup efektif. Tak hanya dalam bisnis fotokopi, bahkan bisnis lain pun demikian. 

Salah satu kunci untuk berhasil dalam usaha fotokopi ini, adalah dengan menawarkan better price. Strategi ini juga termasuk dalam strategi marketing, loh. 

Tujuannya agar pelanggan potensial, bisa menganggap bahwa usaha milikmulah yang bisa memberikan harga terbaik. 

Nah, itulah beberapa hasil analisis saya untuk usaha fotocopy modal 5 juta. Klise memang, tapi cukup buat bahan pertimbangan. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar