Aneh tapi Enak, Ini 12 Jenis Keripik Unik untuk Usaha!

Keripik adalah jenis camilan yang disukai hampir semua orang. Maka dari itu, berbagai olahan keripik unik untuk usaha harus bisa kamu manfaatkan untuk mendulang keuntungan. 

Keripik merupakan teman santai terbaik dan teman ngobrol. Apalagi buat di masyarakat Indonesia yang dalam survei Mondelez International dikatakan memiliki 60% tingkat nyemil yang lebih tinggi daripada rata-rata global. 

Hal ini menjadikan peluang keripik yang unik untuk bisnis jadi sangat menjanjikan. Ingin tahu apa saja jenis keripiknya? Cek sini!

Peluang Usaha Aneka Keripik

Tren untuk usaha keripik tak pernah sepi peminat. Dalam lima tahun terakhir saja, ada data yang menunjukkan jika tren pencarian terhadap kata kunci ‘keripik’ mengalami kenaikan signifikan setiap tahun. 

Meskipun tetap, ada fluktuasi dalam waktu-waktu tertentu. Namun, secara umum memang tren untuk usaha ini terus mengalami peningkatan. Sehingga, jadi keputusan tepat kalau kamu mau menjalankan usahanya. 

Peluangnya tentu sangat baik. Pangsa pasar yang begitu luas, preferensi masyarakat yang menyukai keripik daripada cemilan lain, dan juga modal yang minim, menjadikan usaha ini sangat tepat untuk kamu jalankan. 

Baca Juga: Bisnis Kerupuk Seribuan: Sepele tapi Bikin Cuan!

Jenis Keripik Unik untuk Usaha

Problem utama saat akan membuka usaha keripik rumahan adalah dari segi pemilihan jenis keripiknya. Mungkin banyak yang bingung. Dan sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi karena kami akan menjelaskannya buat kamu. 

1. Keripik Daun Melinjo

Pertama, kami menyarankan untuk menjual keripik daun melinjo. Hampir semua orang mengenal dan familiar dengan melinjo. Tapi, ini bukan buahnya, melainkan dari daunnya. 

Yap, daun melinjo pun bisa kamu jadikan sebagai keripik yang unik. Hanya saja, sebaiknya kamu belajar tentang cara atau metode pengolahannya. 

2. Keripik Kulit Pisang

Kedua, ada kulit pisang. Bahan ini punya banyak manfaat. Maka dari itu, ada banyak orang yang menjadikan kulit pisang sebagai bahan olahan. Terasa aneh? Itu tantangannya. 

Jika berhasil membuat kulit pisang jadi keripik, kamu bisa punya hal unik yang berbeda. Cobalah membuat kulit pisang krispi. 

3. Keripik Daun Pegagan

Mau tahu apa keripik yang jarang ditemui? Jawabannya adalah keripik daun pegagan. Keripik ini masuk dalam kategori cemilan sehat. 

Dengan kata lain, keripik unik daun pegagan pun mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. 

Daun pegagan memiliki banyak manfaat. Nah, kamu bisa mengolahnya menjadi keripik yang sehat buat orang-orang yang ingin diet atau mengubah gaya hidupnya. 

4. Keripik Daun Singkong

Keripik yang akan sangat jarang kamu temukan di pasaran adalah keripik berbahan dasar daun. Salah satunya keripik daun singkong. 

Biasanya sih yang digunakan hanya pada bagian umbi. Tapi sekarang, kamu bisa mencoba mengolah daun singkong jadi keripik. 

5. Keripik Bawang

Bawang punya aroma wangi dan khas. Selain cocok sebagai bumbu pelengkap makanan, belakangan juga ada loh yang menjadikan bawang sebagai keripik. 

Malahan, banyak peminatnya. Kini, kamu bisa juga mencoba peruntungan menjual keripik bawang dengan wangi dan tekstur yang khas. 

6. Keripik Kulit Lumpia

Siapa yang tak suka kulit lumpia? Dari banyaknya orang yang nyobain lumpia, pasti banyak yang lebih suka kulitnya. 

Cobalah untuk hanya menjual kulit lumpia sebagai keripik. Inovasi ini sudah terbukti sebagai peluang yang menjanjikan. 

7. Keripik Kelapa

Ide keripik unik untuk usaha yang mungkin belum terpikirkan adalah keripik kelapa. Buat di Indonesia, mungkin jarang. Tapi, buat wilayah Eropa terutama Swiss, keripik ini begitu digemari. 

Banyak orang Indonesia yang sudah berhasil menjadikannya sebagai komodias ekspor dan mendapatkan omzet hingga puluhan juta per bulannya dengan keripik kelapa. 

8. Jengkol Kriuk

Jengkol terkenal dengan aroma yang tajam. Tapi, di Indonesia begitu digemari. Biasanya jadi semur, balado, dan sejenisnya. Namun, cobalah untuk menjadikannya keripik. 

Jika ingin membuatnya lebih lezat, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu pedas juga rempah-rempah khas nusantara. Jangan lupa, pakai yang berkualitas agar aroma jengkol tidak terlalu tercium. 

9. Keripik Bonggol Pisang

Keripik dari buah dan daun sudah biasa. Tapi, apakah kamu pernah terpikir membuat keripik dari bonggol pisang? Bahan ini unik dan butuh pengolahan yang pas. 

Guna mengolah keripik unik untuk usaha ini, ada beberapa tahapan. Pertama harus dikupas dulu, rendam semalaman pakai kapur sirih. 

Tujuannya agar getak bonggol bisa hilang dan nggak pahit ketika dimakan. Saat keesokan harinya setelah direndam, iris tipis saja dan campurkan dengan bumbu. 

Lumuri tepung dan goreng. Hidangan ini biasanya jadi makanan khas oleh-oleh daerah Solo dan Jogja. 

10. Keripik Brownies

Kata siapa keripik harus gurih? Manis juga banyak kok yang suka. Maka, cobain bikin keripik dari bahan kue brownies. Cobalah mengirisnya tipis dan kemas di kemasan menarik. 

11. Keripik Otak-otak

Biasanya, otak-otak tersedia ketika hangat. Biar unik, kamu bisa nyobain bikin keripik otak-otak. Banyak kok yang gemar dengan makanan ini. 

Masa simpannya bisa tahan lama dan nggak bakal basi dalam waktu yang cepat. Maka dari itu, keripik otak-otak kami sarankan. 

12. Keripik Cimol

Belakangan, tren produk dengan bahan aci makin diminati. Salah satunya cimol. Bagi yang belum tahu, ini makanan khas Sunda yang teksturnya kenyal tapi renyah. 

Dulu cimol cuma bisa dinikmati di bentuknya yang biasa. Tapi sekarang, cobalah untuk membuat cimol dalam bentuk keripik. 

Itulah beberapa jenis keripik unik untuk usaha yang bisa kamu coba. Jarang terdengar dan ada di pasaran, bukan? 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar