Contoh Proposal Usaha Toko Sembako Paling Lengkap

Adanya proposal usaha menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk hampir semua pelaku usaha dari berbagai skala. Proposal usaha toko sembako misalnya, sangat berguna untuk kamu yang ingin membuka usaha ini. 

Dengan adanya proposal usaha, diharapkan untuk seluruh pihak yang membacanya mau dan ikut bekerja sama membangun usaha toko sembako sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Bingung gimana bentuk proposal usaha toko sembako PDF? Langsung cek saja dalam artikel ini!

Contoh Proposal Usaha Toko Sembako

Dalam proposal usaha toko sembako ini kami ingin menjelaskan dari awal mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup. Ini dia lebih jelasnya: 

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Toko sembako adalah jenis usaha yang amat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk pemenuhan kebutuhan pokok mereka sehari-hari. 

Walaupun rata-rata toko sembako dibangun dengan sederhana, sebenarnya bisnis ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. 

Seiring dengan berkembangnya era digital, masyarakat jauh lebih mudah untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan pokok. 

Kami hadir bukan hanya dengan konsep toko sembako biasa. Melainkan juga sekaligus menyediakan layanan untuk pesan antar agar memiliki layanan yang berbeda dengan toko sembako yang lainnya. 

Kami pun akan menawarkan sistem pemesanan secara online melalui WhatsApp agar jauh lebih mudah untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Tak hanya itu, ada berbagai produk yang akan disediakan. 

Kami berkomitmen untuk menjadi toko sembako yang mampu menawarkan kebutuhan pokok terlengkap tapi tetap dengan menetapkan harga jual yang terjangkau daripada toko sembako yang lainnya. 

Konsep Usaha

Proposal usaha toko sembako ini kami kembangkan juga untuk menjelaskan konsep usaha yang akan kami jalankan. 

Kami akan menyediakan toko sembako yang menawarkan kelengkapan kebutuhan pokok agar masyarakat tak perlu bingung lagi untuk mencari di mana toko yang stok barangnya paling lengkap. 

Harga yang kami tetapkan juga jauh lebih terjangkau daripada beberapa toko sembako yang lainnya. 

Konsep yang kamu utamakan juga menawarkan layanan pesan-antar agar masyarakat yang sangat sibuk bisa memperoleh kebutuhan pokok tanpa harus repot langsung datang ke toko. 

Visi Misi

Visi: kami akan memastikan semua kebutuhan pokok dari masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Caranya adalah dengan menyediakan semua kebutuhan secara lengkap. 

Misi: 

  • Menawarkan layanan terbaik kepada masyarakat secara online dan offline. 
  • Memastikan stok kebutuhan pokok sangat lengkap dan ditawarkan dengan harga terjangkau. 
  • Menawarkan jasa pesan-antar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

BAB 2: Analisa SWOT

Strength 

Dalam proposal usaha toko sembako kami menawarkan berbagai macam kebutuhan pokok yang harganya sangat terjangkau. Tak hanya itu, lokasi dari toko sembako kami memang sangat strategis sehingga amat memudahkan masyarakat buat belanja. 

Weakness

Kelemahan dari usaha toko sembako yang akan kami kembangkan adalah belum adanya sistem yang efektif untuk menghindari risiko dari hewan-hewan perusak. 

Biasanya hewan tersebut seperti tikus, kecoa, juga kutu. Berbagai hewan perusak ini muncul biasanya karena padatnya gudang penyimpanan yang sangat padat juga sempit. 

Opportunity

Sembako adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh semua manusia. Sehingga untuk ke depannya, usaha toko sembako ini bisa terus berkembang. 

Threat

Dalam bisnis sembako, larisnya barang bukan lagi hal yang sulit didapatkan. Tapi, karena banyak pesaing yang usahanya sejenis terkadang cukup menurunkan tingkat penjualan dalam toko. 

Bab 3: Rencana Usaha

Nama Usaha: Toko Sembako ‘Baratajaya’

Produk yang dijual: kami akan menyediakan berbagai jenis sembako yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dengan harga yang relatif lebih terjangkau. 

Target Pasar

Target pasar dari kami adalah semua masyarakat dari berbagai kalangan usia. Terutama di kawasan Situbondo yang memang masyarakatnya sangat butuh sembako dengan harga yang terjangkau. 

Strategi Pemasaran

Tak lupa pula, proposal usaha toko sembako ini juga menawarkan strategi pemasaran yang berbeda. Jika biasanya toko sembako hanya memanfaatkan toko offline-nya saja, kami akan merambah ke pemasaran secara online. 

Mudah saja, kami akan menggunakan Facebook yang jadi media sosial dengan pengguna terbanyak di sekitar daerah kami. 

Tak hanya itu, ada layanan pesan-antar yang siap membuat banyak pelanggan merasa nyaman berbelanja di sini. 

Paling baik dari semuanya adalah strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan kata lain, biarkan pelanggan sendiri yang menyebarkan kepada orang-orang terdekatnya bahwa toko kami, memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh toko sembako lainnya. 

Sistem Usaha

Sistem usaha yang nantinya akan kami terapkan yakni pemasaran secara langsung. Alasannya karena toko kami berada di lokasi yang amat strategis. 

Tak hanya itu, kami pun menawarkan layanan pesan-antar buat masyarakat yang berbelanja di toko sembako kami. 

Masyarakat pun bisa pesan secara online. Baik lewat WhatsApp atau dengan menghubungi nomor telepon dari usaha kami ini. 

Tentu saja, adanya sistem usaha yang demikian akan sangat memudahkan untuk masyarakat dalam hal pemesanan serta mendapatkan barang yang mereka butuhkan. 

Sistem Bagi Hasil

Jika berminat untuk ikut membangun usaha toko sembako ini, ada kesempatan untuk berinvestasi dengan nilai Rp5.000.000. 

Sistem bagi hasil yang akan kami gunakan didasarkan pada keuntungan bersih yang bisa diperoleh dalam seminggu. 

BAB 4: Analisa Keuangan

1. Modal

Kebutuhan perlengkapan: Rp7.325.000

2. Sewa Tempat

Biaya sewa tahunan + renovasi toko: Rp40.000.000

3. Gaji Karyawan

Karyawan operasioal: Rp 1.500.000

4. Biaya Operasional

Belanja bahan baku: Rp15.000.000

Listrik: Rp 250.000

Internet: Rp 100.000

Total: 15.350.000

5. Perkiraan Keuntungan 

Keuntungan total: Rp2.000.000 untuk setiap penjualan 550 barang. 

BAB 5: Penutup

Toko sembako yang akan kami jalankan ini merupakan peluang bisnis dengan potensi untuk terus mengalami perkembangan. 

Pelayanan dan barang berkualitas akan terus kami upayakan. Selain itu, kami pun akan menyediakan kebutuhan pokok yang lengkap beserta harga yang lebih terjangkau. 

Itulah proposal usaha toko sembako yang bisa kami berikan. Tidak lengkap memang, tapi sudah cukup untuk jadi referensi kalau kamu mau bikin sendiri. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar