Contoh Proposal Usaha Boba Terlengkap

Ingin mencoba peruntungan dengan membuka usaha boba? Yuk, coba cek contoh proposal usaha boba untuk memperoleh tambahan modal. 

Dengan adanya proposal ini, kamu bisa dapat orang yang memang akan memberikan investasi modal. 

Demi menarik perhatian mereka, pastikan kalau proposal usaha boba PDF yang kamu sediakan cukup menarik. 

Belum tahu detailnya seperti apa? Yuk, langsung aja cek di dalam artikel ini. 

Contoh Proposal Usaha Boba

Melalui contoh proposal yang kami sediakan, ada beberapa hal yang bisa kamu peroleh. Misalnya, latar belakang proposal usaha boba yang menarik. 

Selain itu, kamu pun bisa dapat bagaimana contoh dari tujuan usaha minuman boba yang cukup menarik dan bikin investor tak akan mikir dua kali untuk memberikan suntikan modal. Ini dia contohnya. 

Proposal Usaha Minuman Boba

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Beberapa tahun belakangan ini, tren boba cukup marak di banyak negara. Salah satunya juga di Indonesia. 

Minuman yang identik dengan bola-bola kenyal ini, telah menjadi minuman yang jadi favorit dari banyak orang. Terutama karena sajian rasa yang manis, creamy, juga sangat menyegarkan. 

Maka dari itu, kami hadir untuk mencoba peluang di dalam industri minuman boba di Indonesia yang akan menggunakan kemasan botol praktis. 

Melalui proposal usaha boba ini, kami ingin menyampaikan suatu konsep yang terbilang baru. Kami akan menggunakan konsep cloud kitchen. 

Konsep ini adalah mekanisme untuk melayani para pelanggan dan pembeli hanya lewat aplikasi online saja. Dengan kata lain, kami hanya menawarkan pembelian secara take away. 

Minuman boba yang kami inginkan ini nantinya akan digabung dengan sejumlah kuliner kenamaan lain di dalam satu outlet. Hal ini akan memudahkan para pelanggan untuk memesan minuman boba sekaligus makanan lain untuk sekali order. 

Konsep cloud ini pastinya bisa menekan pengeluaran untuk sewa tempat, biaya peralatan, dan sejenisnya. 

Sehingga besar harapan kami untuk dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan walaupun harus dengan menyertakan promosi secara masif. 

Konsep Usaha

Konsep dari usaha minuman boba yang akan kami angkat adalah cloud kitchen. Di mana konsep ini cuma melayani pembelian secara online saja sekaligus delivery melalui laman media sosial maupun aplikasi. 

Konsep ini awalnya dikenal ketika Pandemi COVID-19. Hanya saja, belakangan kami melakukan riset dan penelitian yang hasilnya cukup mencengangkan. 

Intinya, konsep ini akan sangat menguntungkan terutama karena bisa menekan cost dari sewa tempat dan jug biaya maintenance sekaligus renovasi tempat. Maka dari itu, kami ingin menggunakan konsep ini. 

Visi dan Misi

Kami ingin menghadirkan minuman boba yang memiliki cita rasa lezat serta dapat dinikmati kapanpun dan di manapun menggunakan kemasan botol yang lebih praktis. 

BAB 2: Analisis SWOT

Dalam proposal usaha boba ini kami juga akan menjelaskan hasil analisis kami mengenai SWOT dari usaha boba yang akan dijalankan ini. 

Strength

Usaha boba yang kami miliki, menawarkan keunikan yakni dari segi kemasan botol kaca unik yang bisa mempertahankan kesegaran dengan lebih lama. 

Tidak hanya itu, konsep cloud kitchen bisa memberi berbagai macam kemudahan untuk semua konsumen. 

Weakness

Lantaran menggunakan konsep dan mekanisme cloud kitchen, usaha kami tidak memiliki spot dine in yang sebenarnya bisa menjadi tempat nongkrong.

Usaha minuman boba yang akan kami kembangkan ini hanya dapat diorder secara online dan hanya menyediakan sistem take away. 

Opportunity

Walaupun sudah terdapat sejumlah kompetitor yang memakai konsep ini, tapi kami cukup percaya diri untuk bersaing. 

Dengan minuman ini apalagi menggunakan kemasan yang eksklusif menggunakan botol kaca yang cukup unik. Hal ini bisa jadi alasan mengapa akan banyak calon konsumen yang akan tertarik dengan usaha dari kami. 

Threat

Jika kompetitor kamu mulai memakai konsep yang sama, pastinya usaha boba ini harus jauh lebih aware. Misalnya, pemakaian botol kaca yang dinilai bisa mempertahankan kesegaran yang jauh lebih nikmat. 

Mutu sekaligus kualitas dari minuman boba ini harus terus dijaga dan terus mengupayakan produk untuk terus dilakukan pengembangan. 

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha Coffee Shop dan 8 Hal yang Bikin Menarik

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha: YourBoba

Produk: Minuman boba yang segar juga nikmat menggunakan kemasan botol kaca yang ekslusif dan bisa memberi kesegaran yang berbeda. 

Harga produk: Rp15.000 untuk semua varian. 

Target Market: 

Target market yang utama dari YourBoba yakni mereka yang sangat aktif menggunakan layanan ojek online. Umumnya berusia belasan tahun sampai akhir 40 tahun. 

Biasanya mereka merupakan orang yang memiliki kegiatan padat dan susah ditinggal dan akhirnya memilih memesan makanan dan minuman secara online. 

Strategi Pemasaran

Tentunya proposal usaha boba ini juga akan menyertakan strategi pemasaran yang akan dilakukan dengan masif lewat platform digital. 

Misalnya saja lewat media sosial dan juga Paid Ads. Tak hanya itu, kami pun akan memberikan cukup banyak voucher yang akan membuat para konsumen tertarik untuk membeli boba dari usaha kami. 

Sistem Usaha

Kami akan menggunakan sistem atau mekanisme cloud kitcher yang membuat pemesanan produk boba hanya bisa dilakukan secara online dan hanya bisa dipesan melalui media sosial dan nomor WhatsApp sampai aplikasi. 

Sistem Pembagian Hasil

Kami akan memberikan saham sebanyak 20% dengan harga Rp5 juta. Mengenai pembagian hasilnya yakni laba bersih per bulan yang akan kami peroleh, dikalikan langsung dengan jumlah prosentase kepemilikan dari saham YourBoba. 

BAB 4: Analisis Keuangan

Modal

Kebutuhan peralatan pembuatan dan pengemasan boba: Rp1.500.000

Karyawan: Rp3.000.000

Bahan baku: Rp570.000

Biaya Operasional: Rp660.000

Biaya Promosi: Rp1.000.000

HPP Produk: Rp350.000 untuk 50 cup

Nantinya, keuntungan kotor yang akan didapatkan dalam satu hari adalah sekitar Rp350.000. Sedangkan dalam satu bulan mencapai Rp10.500.000

Estimasi Balik Modal

Dengan seluruh analisis keuangan yang kami miliki, artinya waktu yang diperlukan untuk balik modal adalah sekitar 3 bulan. 

BAB 5: Penutup

Minuman YourBoba hadir menyapa masyarakat menggunakan inovasi dari segi packaging yang menggunakan botol kaca dengan rasa yang jauh lebih menyegarkan.

Hal ini nantinya dapat menarik minat dari masyarakat. Utamanya karena harga yang relatif terjangkau sekaligus tak lebih mahal dari pesaingnya. 

Dengan proposal usaha boba ini besar harapan kami agar Anda mau untuk ikut mengembangkan usaha ini dengan berkontribusi dari segi pendanaan atau penambahan modal. Terima kasih. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar