Contoh Proposal Usaha Minuman Kekinian dan 5 Tips Membuatnya

Berencana mengajukan dana atau pengajuan modal ke investor untuk bisnis minumanmu? Atau ingin mengajakn mitra usaha untuk kerja sama? Bisa. Selama kamu bisa membuat proposal usaha minuman kekinian yang bagus, ini adalah hal mudah. 

Hanya saja, banyak yang mungkin masih belum paham betul tentang cara pembuatannya. Jika bingung, kami punya informasi lengkap mulai dari cara pembuatan dari proposal bisnis yang menarik sampai dengan formatnya. 

Semuanya bisa kamu temukan di dalam website Bangun Bisnis. Tapi, untuk proposal usaha khusus untuk minuman kekinian, contohnya akan langsung kami berikan di sini. 

Contoh Proposal Usaha Minuman Kekinian

Proposal tentu sangat penting untuk kamu yang sedang merintis bisnis. Sangat penting terutama dalam menarik investor. 

Business Agility misalnya. Menjelaskan paling tidak ada lima manfaat yang bisa kamu peroleh ketika membuat proposal bisnis yang baik dan benar. 

Nah, lantas gimana cara bikin proposal yang benar? Salah satunya bisa dengan menjadikan beberapa contoh proposal usaha minuman kekinian yang ada di artikel ini sebagai referensi: 

Slurp & Sip: Minuman Kekinian dengan Inovasi yang Menggembirakan

“Diajukan kepada: 

(Nama Pihak Investor atau Calon Mitra Kerja)

I. Executive Summary

Saat ini tren kuliner terus mengalami perkembangan. Permintaan untuk minuman kekinian tak heran mengalami peningkatan. Kami ingin mengajukan proposal untuk bisnis dengan nama “Slurp & Sip.”

Usaha ini akan fokus menawarkan berbagai macam minuman segar sekaligus inovatif yang akan sangat memikat setiap selera pelanggan. 

Kami yakin jika usaha ini bisa mengalami kesuksesan apalagi mengingat minuman kekinian sudah jadi gaya hidup sekaligus tren terkini yang amat mendominasi pasar kuliner. 

II. Latar Belakang

Sat ini, minuman kekinian sudah jadi tren yang sedang booming. Banyak konsumen yang selalu mencari pengalaman baru untuk setiap tegukan dari minuman yang mereka inginkan. 

Permintaan untuk minuman yang kekinian pun terus mengalami peningkatan. Utamanya untuk kalangan millenial dan Gen Z yang sudah pasti selalu mencari dan ingin mendapatkan sensasi baru dalam dunia kuliner. 

Kami bersepakat untuk melanjutkan bisnis ini karena memiliki tim yang sudah sangat berpengalaman terutama dalam bisnis kuliner. Kami sudah cukup ahli untuk menciptakan resep-resep dari minuman yang inovatif. 

III. Konsep Usaha

Nama usaha: Slurp & Sip

Tawaran produk: Berbagai macam minuman segar, varian kopi, the, juga minuman non-alkohol yang inovatif lengkap dengan makanan ringan sebagai pendampingnya. 

Lokasi: berada di pusat kota dengan lalu lintas yang cukup ramai dan jadi spot orang-orang untuk menghabiskan waktu luang. 

IV. Rencana Operasional

Dalam menjalankan bisnis, kami memiliki beberapa hal yang cukup penting demi menjaga kualitas dari produk-produk yang nanti akan ditawarkan. 

Untuk pengadaan bahan baku, misalnya, kami mengajak kerjasama supplier yang sudah kami kenal sebagai salah satu penyedia bahan baku segar juga berkualitas. 

Tak sembarangan, kami mempertimbangkan dan telah melakukan serangkaian trial & error untuk resep-resep minuman yang akan ditawarkan. Nantinya, seluruh staf yang akan menyajikan minuman juga akan dilatih dengan konsisten. 

Para staf akan kami latih dengan konsisten demi menjaga kualitas produk sekaligus layanan yang bisa mereka berikan kepada semua pelanggan. Dengan ini, kami optimis untuk menjadi salah satu pilihan terbaik produk minuman ringan. 

Dari segi pemasaran, kami memakai dua strategi: online dan offline. Untuk menjalankan strategi online, kami telah membangun cukup banyak kanal yang memungkinkan reach audiens jauh lebih besar. 

Kami punya media sosial, ada rencana untuk menggunakan Paid Ads, bahkan sampai bekerja sama dengan influencer untuk mengembangkan bisnis ini. 

Tak lupa pula, kami juga mengajak kerja sama beberapa pedagang lokal yang akan memasarkan varian produk minuman kekinian dalam kemasan yang jadi salah satu diferensiasi produk dari kami. 

V. Proyeksi Keuangan

Investasi awal: (tulis jumlah)

Pendapatan: (tulis jumlah)

Biaya operasional: (tulis jumlah)

Keuntungan bersih: (tulis jumlah)

VI. Permintaan Dana

Dengan ini, kami sangat membutuhkan keterlibatan Anda dalam mencapai semua hal dan menjalankan mimpi yang sangat ingin kami wujudkan. Kami ingin mengajukan permintaan dana sebesar (jumlah dana) untuk keperluan: 

  • Pembelian perlengkapan dan peralatan. 
  • Sewa lokasi. 
  • Pengadaan bahan baku dan stok awal. 
  • Promosi dan pemasaran. 

VII. Kesimpulan

Kami begitu yakin bahwa usaha ini bisa jadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di dalam industri minuman kekininan. 

Sekaligus, besar harapan dari tim manajemen agar dapat menjalin kemitraan untuk bersama-sama meraih keberhasilan di dalam menjalankan usaha ini. 

Terima kasih untuk waktu dan perhatiannya. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih. 

[Tim manajemen]”

Contoh proposal usaha minuman ringan ini sebenarnya merupakan contoh sederhana saja. 

Tapi, sepertinya sudah sangat cukup sebagai bahan atau referensimu. Kamu dapat mengubah atau mengeditnya sesuai dengan nama usaha, jenis, dan juga strategi khusus yang memang kamu tawarkan kepada investor. 

Tips agar Investor Tertarik Membiayai Usahamu!

Tak bisa dipungkiri, saat ini kamu jelas lebih mudah untuk menemukan proposal usaha minuman kekinian PDF di mesin pencari. Namun, saran kami ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. 

Mengapa harus diubah? Tentu agar proposal yang kamu buat jadi jauh lebih menarik di mata para konsumen. Kami punya beberapa tips sederhana yang bisa bikin proposal usaha minuman ringan yang kamu buat jadi lebih menarik: 

1. Memasukkan Data Asli

Ada ulasan dari Indeed yang menjelaskan bahwa keaslian data menjadi faktor menarik atau tidaknya suatu proposal. 

Data jadi sangat penting karena keberadaannya bisa membuat pembacanya tahu apakah bisnismu mampu bertahan dan menjadi alasan mengapa mereka akan membiayai atau memberikan dana kepadamu. 

Data-data yang ada di dalam proposal bisnismu harus menyertakan angka pasti. Contohnya prosentase penjualan dan sejenisnya. 

Klien yang potensial akan jauh lebih tertarik dengan adanya data yang asli. Keaslian data yang kamu berikan, dapat juga membantu meningkatkan ‘kepercayaan’ dari klien potensial. 

Mengapa? Tentu karena mereka tahu bahwa kamu bisa membuktikan metode yang kamu pakai telah berhasil dalam percobaan atau digunakan di masa lalu. 

2. Menggunakan Visual yang Menarik

Ya, kami tahu bahwa contoh proposal usaha minuman ringan yang kami berikan masihlah belum lengkap. Terutama dalam hal visual. 

Padahal peran dari visual yang menarik itu amat penting. Adanya visual akan membantu pembaca untuk memahami informasi dengan mudah. 

Selain itu juga memungkinkan kamu memberikan penekanan khusus pada beberapa bagian tertentu dalam proposal bisnismu. 

Contohnya, kamu bisa memakai infografis dalam proposal kewirausahaan minuman sehat untuk marketingnya, menggaris bawahi untuk memberi tahu testimoni, atau bahkan menunjukkan kondisi kantormu. 

3. Buatlah Lebih Personal

Siapa sih di dunia ini yang tidak suka untuk diistimewakan? Hampir semua orang suka diistimewakan termasuk juga investor yang akan membaca proposal bisnismu. 

Maksudnya dipersonalisasi adalah kamu harus memahami apa yang memang diinginkan pembaca. 

Misalnya mereka sangat ingin contoh bisnis plan minuman kekinian atau proposal yang didesain dengan menarik. Nah, maka tugasmu adalah memberikan tampilan proposal yang sesuai dengan keinginan mereka. 

Tidak hanya keinginan. Kamu harus tahu juga apa yang benar-benar mereka butuhkan, motivasi, bahkan harapan-harapannya. 

Contoh lagi nih, kalau misalnya udah tahu klien potensialmu ingin concern di bagian brand awareness, maka bisnismu harus punya proposal detail tentang cara untuk meningkatkan brand awareness-nya. 

Entah dengan bikin campaign online, menggunakan paid ads, bahkan sampai bekerja sama dengan influencer yang cukup ternama. 

Intinya, proposal usaha minuman kekinian yang kamu harus menjadi jawaban pasti terhadap apa yang ada di benak dari klienmu. 

4. Mengirimkan Proposal Elektronik

Pertimbangkan untuk mengirim proposal elektronik lewat email, ya. Proposal digital itu punya banyak kelebihan. 

Misalnya, bisa menambahkan video, foto, dan sejumlah elemen yang memang tidak bisa ditambahkan ke dalam proposal fisik.

Apalagi saat ini hampir semua orang bisa mengeditnya secara online. Kalau klienmu mau mengedit dan mengirimkan ulang, mereka akan lebih mudah melakukannya. 

Pertimbangkan pula untuk menambahkan table of contents yang bisa diklik. Tujuannya agar klien potensialmu bisa lebih mudah menavigasi langsung ke informasi yang mereka butuhkan dalam proposal usaha minuman kekinian yang kamu buat. 

5. Tentukan ‘Tone’ dalam Proposal

Hampir semua bisnis memiliki ‘tone’ atau ciri khasnya masing-masing. Contohnya termasuk warna, logo, font khusus, juga desain yang memang menjadi karakter utamanya. 

Hal ini bisa kamu temukan dalam kartu bisnis, brosur, dekorasi, dan masih banyak lagi. Pastikan juga proposalmu ada dalam format fisik dan juga elektronik dengan ‘tone’ yang sama. 

Penting? Pastinya! Mengapa ini penting? Alasannya karena pembaca bisa melihat personality dari usaha atau bisnis yang akan kamu jalankan. 

Selain itu, sekaligus menjadi pembeda dari proposal lain yang mungkin telah diterima oleh pembacanya. 

Sudah sedikit paham tipsnya? Jika sudah, langsung terapkan dalam pembuatan proposal usaha minuman kekinian yang kamu miliki, ya. Semoga beruntung!

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar