25 Contoh Broadcast Donasi dan Tips Membuat Broadcast Persuasif

Mengajak orang untuk berdonasi bukan hal mudah. Biar lebih mudah mengajak, pakai saja broadcast. Cuma, untuk broadcast bukan hal mudah. Pertimbangkan contoh broadcast donasi yang kami berikan di sini. 

Membantu orang sendirian itu sudah bagus. Jauh lebih bagus lagi jika kamu mengajak orang lain. Dampaknya akan lebih besar. 

Kamu bisa mempromosikannya agar lebih banyak orang lain yang ikut membantu. Peran dari kata-kata sangat besar, pembuatannya nggak bisa sembarangan. 

Contoh Broadcast Donasi

Biar jauh lebih mudah, kami akan memberikan sejumlah contoh dengan berbagai kategori. Tentu saja kategorinya sesuai dengan tujuan dari donasi itu sendiri. Berikut ini contohnya: 

1. Contoh Broadcast Donasi yang Persuasif

Sudah tahu kalimat persuasif? Yap, kalimat yang sifatnya mengajak. Cara buat bikinnya adalah dengan menggunakan kalimat yang menyentuh emosi dari para pembaca. Ini jelas nggak bisa asal-asalan. Kalau sembarangan, jarang banget yang bakal tertarik. 

Nah, kira-kira gimana contohnya? Ini dia contoh broadcast donasi WhatsApp yang bisa jadi referensi: 

  • Uluran tanganmu akan sangat membantu saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah. Berbagi, tidak akan membuat hartamu berkurang. Mari donasikan sebagian hartamu untuk mereka. 
  • Seribu rupiah bagimu mungkin tidak berharga. Tapi sangat bernilai bagi mereka yang sedang membutuhkan. 
  • Tangis sedih manusia bisa hilang dengan bantuanmu. Mari, donasikan uang, pakaian, makanan, atau bahkan obat-obatan demi meringankan kesedihan. 
  • Jumlah donasi bukan persoalan utama. Keikhlasanmu untuk membantu mereka yang terkena musibahlah yang akan membuat mereka bahagia. 
  • Buku-bukumu sudah usang dan nyaris tak terbaca? Baju di rumah sudah mulai longgar atau ketat? Berikan pada kami agar bisa tersalurkan bagi semua yang membutuhkan. 
  • Ingin membantu orang lain tapi belum punya waktu? Sini, biar kami yang akan menyalurkannya. 
  • Manusia paling baik adalah manusia yang memberikan manfaat kepada sesama manusia. Bantulah mereka yang sedang membutuhkan uluran tanganmu. 
  • Bagi masyarakat kota, buku adalah barang biasa. Tapi bagi mereka yang ada di pelosok, buku jadi barang mahal yang sukar didapatkan. Donasikan buku-bukumu di sini. 
  • Ada yang bisa bahagia karena berkumpul dengan keluarga yang lengkap. Tapi mereka, baru bisa bahagia setelah mendapatkan uluran tangan bantuanmu. Mari berdonasi!

Menggunakan beberapa contoh kalimat ajakan donasi seperti di atas, akan membuatmu mendapatkan banyak simpati dan juga bantuan dari orang lain. 

Segera pakai kata-kata ini untuk memperoleh simpati dari banyak orang agar membantu yang benar-benar membutuhkan. 

2. Contoh Kata Kata Open Donasi Anak Yatim

Anak yatim adalah sebutan bagi seorang anak yang usianya belum baligh namun telah ditinggalkan oleh ayah mereka. Ada cukup banyak anjuran agar kita membantu anak yatim. 

Salah satu cara membantunya adalah dengan berdonasi. Ajak juga orang-orang yang ada di grup WhatsApp dan bahkan media sosial lainnya agar bantuannya semakin berdampak. 

Ini dia contoh kata-kata meminta sumbangan di grup yang bisa kamu pakai: 

  • Membantu orang lain sejatinya juga membantu diri sendiri. Ada anak-anak yatim yang sedang menunggu bantuan kecilmu agar mereka dapat tersenyum. Mari, gelincirkan senyum yang ada di bibir mereka. 
  • Banyak anak-anak yang sedang butuh santunanmu. Sedikit hartamu, akan bermakna buat mereka. 
  • Kekayaan bukan sekadar jumlah uang di rekeningmu, melainkan saat kamu telah membantu orang lain dengan harta itu. Mari, sisihkan sedikit untuk mereka yang sangat membutuhkannya. 
  • Mendermakan harta kepada anak yatim tidak akan pernah membuatmu rugi. Donasikan barang tak terpakai atau sedikit hartamu buat mereka. 
  • Anak yatim belum sempat merasakan kasih dan cinta dari ayahnya. Tugas kitalah untuk merawat mereka. Segera donasikan hartamu buat mereka. 
  • Tuhan akan melimpahkan rezeki bagi siapapun yang membantu anak-anak yatim. 
  • Hapus kesedihan anak-anak yatim dengan sedikit bantuan dari donasimu. 
  • Uang itu tidak abadi. Bantulah mereka dengan hartamu agar dibawa mati. Mari, sedekahkan sebagian uangmu untuk anak-anak yatim. 
  • Tidak ber-ayah sejak kecil itu tidak mudah. Ringankan beban mereka dengan bantuan darimu. 
  • Menyantuni anak yatim adalah anjuran bagi semua muslim. Mari, jadi muslim yang bisa saling membantu satu sama lain. 

Beberapa kalimat ajakan di atas, juga bisa kok kamu jadikan kata kata untuk donasi pondok pesantren. Tinggal ubah saja redaksinya dan sesuaikan dengan kebutuhan. 

3. Contoh Broadcast Donasi untuk Korban Bencana

Tidak cuma donasi untuk anak-anak yatim saja. Terkadang di negara tercinta kita ini, sering terjadi bencana yang meluluhlantahkan rumah dan kediaman mereka. 

Bagi semua yang harta dan kehidupannya terenggut, entah itu status, harta, atau juga keluarganya, sangat dianjurkan bagi kita untuk membantu meringankan bebannya. 

Nah, jika ingin tahu gimana contoh broadcast donasi untuk mereka yang jadi korban bencana, berikut ini contohnya: 

  • Gempa dengan kekuatan 7,7 skala richter telah menghancurkan kediaman masyarakat. Kini, korban tengah mengungsi di sejumlah posko dan tengah menunggu uluran tanganmu agar bisa kembali bangkit. 
  • Banjir sudah menyapu habis semua harta dan apa saja yang mereka miliki. Bantu mereka kembali memiliki harapan dengan donasi darimu. 
  • Penderitaan mereka akan terasa ringan jika kamu jauh lebih peduli. Segera bantu kurangi beban mereka. 
  • Mendonasikan sebagian harta, akan membuatmu menunaikan kewajiban untuk memberikan hak-hak mereka. 
  • Temanku, ada orang yang lebih membutuhkan bantuan dari kita. Semangati mereka dengan sedikit donasi darimu.

Baca Juga: 10 Contoh Broadcast WhatsApp Promosi Gacor dan Tips Membuatnya!

Tips Membuat Broadcast Persuasif 

Daripada bingung sendiri dalam mengubah dan juga mengedit contoh broadcast donasi yang sudah kami jelaskan, ada baiknya untuk mencoba untuk membuatnya sendiri. Yuk, cek beberapa tipsnya di sini: 

1. Memakai Teks Singkat dan Jelas

Ada satu hal yang patut kamu perhatikan ketika ingin membuat teks ajakan untuk berdonasi. Sebisa mungkin, kamu harus pakai kalimat yang singkat juga jelas. 

Pastikan juga pakai kalimat aktif karena teks yang kamu buat, tujuannya memang untuk persuasi. 

Penulisannya sebisa mungkin harus singkat, jelas, juga padat. Tujuannya agar pesan utama di dalam kalimat tersebut dapat tersampaikan. 

Kalau tidak ingin salah menulisnya, coba deh telaah dulu kasus dan tujuan dari donasi. Bisa tentang korban becana, anak yatim, bahkan untuk sejumlah kebutuhan donasi lain. 

Contoh broadcast donasi yang ada di atas, itu hanya sebagai pembanding saja biar kamu tahu gimana sih teks mengajak donasi yang benar. 

2. Memberikan Teks tentang Manfaat Donasi

Saat menulis teks, pastikan kamu menuliskan juga manfaat ketika mereka melakukan donasi. 

Contohnya bisa menunaikan hak, meringankan beban orang lain, melipatgandakan rezeki, dan juga yang lainnya. 

Seperti fitrah manusia, tidak ada yang ingin melakukan sesuatu sebelum mereka tahu apa keuntungannya bagi diri sendiri. 

Adanya teks ini akan membantu mereka lebih pasti dan lebih berkeinginan untuk melakukan donasi. 

3. Sertakan Cara Donasi

Kalau kamu sadar, ada beberapa hal yang belum kami sampaikan dalam contoh broadcast donasi di atas. Yap, cara berdonasi. 

Kamu harus memberitahu gimana kalau ada orang yang ingin mendonasikan hartanya. Jadi mereka nggak bingung saat akan menyalurkan sebagian hartanya ke mana. 

Nah, dengan beberapa contoh broadcast donasi yang sudah kami sebutkan sekaligus tips untuk membuat sendiri, sekarang waktunya kamu untuk menciptakan teks atau kalimat ajakan donasi sendiri! 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar