12 Cara Promosi Perumahan di Sosmed Terbaik agar Cepat Deal!

Kamu seorang agen real estat yang ingin jualan rumah? Coba deh cara promosi perumahan di sosmed yang kami berikan di sini. 

Ketika membeli dan menjual rumah, masyarakat tidak hanya menganggapnya sebagai keputusan finansial. 

Melainkan juga jadi keputusan emosional yang amat penting. Tak heran jika kepala mereka sangat penuh dengan pertanyaan saat akan membeli atau menjualnya. 

Jika kamu seorang agen perumahan dan real estat, mereka tidak hanya butuh lisensi yang resmi. Melainkan juga mencari agen yang bisa melindungi juga membantu mereka mengatasi berbagai masalah kepemilikan properti yang kompleks. 

Agen yang akan mereka pilih, wajib pihak yang bisa memberi mereka rasa pede saat prosesnya berlangsung. Di sinilah peran sosial media sangat kamu butuhkan!

Jika menerapkan strategi yang benar, sosial media bisa jadi sarana untuk membuka dialog, membagikan saran, juga menjalin komunikasi yang lebih lanjut dengan calon pembeli. 

Dengan kata lain, sosial media punya peran besar dalam penjualan rumah, perumahan, dan segala hal mengenai properti. Tahu cara terbaik untuk mempromosikannya adalah hal wajib. 

Mengapa Pakai Sosmed untuk Promosi Perumahan? 

Kita semua pasti tahu bahwa word-of-mouth masih jadi salah satu metode pemasaran yang terbaik. Tapi, sosial media punya kedudukan setelahnya. 

52% agen real estat percaya kalau sosial media bisa jadi alat untuk meningkatkan penjualan. 

Orang-orang banyak yang membeli properti secara online. Sama halnya dengan pembelian lainnya, perjalanan pembelian banyak melibatkan media sosial. 

Postingan di media sosial akan menjangkau banyak pembeli pada sejumlah tahap pembelian. 

Bayangkan aja ada seorang pembeli yang sedang mencari perumahan di daerahmu dan mereka kebetulan melihat konten promosi yang kamu produksi di sosial media. 

Pembeli mungkin aja nggak langsung menghubungi nomormu. Tapi mereka akan mulai mencatatmu dan menjadikanmu sebagai tempat untuk meminta saran dan sejenisnya. 

Ini hanya satu case yang menjelaskan bahwa sosial media bisa memberimu jalan yang lebih baik. Apalagi sekarang sudah banyak didominasi oleh generasi milenial untuk kategori pembeli rumah. 

Sebanyak 25% pembeli rumah merupakan generasi milenial. Hal ini menjadikan generasi ini jadi salah satu generasi pembeli perumahan terbesar. 

Apalagi sekarang sudah ada banyak orang yang menggunakan sosial media. Maka dari itu memang sangat baik untuk memanfaatkan sosial media untuk promosi perumahan yang sedang kamu kembangkan. 

Cara Promosi Perumahan di Sosmed

Yap, strategi marketing perumahan memang harus benar-benar kamu pahami. Menerapkannya pun tidak sembarangan. Cek cara promosi dan strategi marketing terbaiknya di sini: 

1. Promosikan Juga Kotanya, Nggak Cuma Perumahanmu

Pembeli unit di perumahan itu sangat butuh untuk memahami baik dan juga buruknya dari kota tempat perumahan tersebut dibangun. 

Tapi sebagian besar hanya menyediakan demografi dasar dan kata kata untuk promosi perumahan yang berbunga-bunga buat area tersebut. 

Namun, sebaliknya gunakan saluran media sosialmu untuk memberikan pemahaman yang jauh lebih luas pada calon klien mengenai pasar yang kamu layani. 

Sehingga akhirnya mereka akan mengetahui pro dan juga kontra untuk setiap lingkungan. 

Banyak cara promosi perumahan di sosmed yang bisa kamu contoh sebagai pegangan juga referensi yang bagus. 

Nggak cuma posting tentang foto-foto perumahan saja. Berikan juga informasi tentang fasilitas umum di kota, objek wisata, dan lain sebagainya. 

2. Selalu Jadi Diri Sendiri

Kadang ada agen perumahan yang rela membayar penulis bayangan buat menuliskan teks promosi mereka. Memang secara strategi bagus, cuma nggak bener. 

Pendekatan dengan cara ini punya banyak kekurangan. Seringnya, mereka memberikan klien gambaran tentang sesuatu yang sebenarnya kurang tepat. 

Ada penelitian yang menunjukkan kalau konsumen ingin menjalin koneksi secara pribadi dengan orang yang mereka ajak untuk berbisnis. 

Tetap saja tidak ada shortcut untuk menuliskan konten di sosial media milikmu. Baiknya tulis sendiri agar jauh lebih personal. 

Yap, jadi diri sendiri dan membiarkan kepribadianmu terlihat di sosial media yang kamu gunakan. Metode ini adalah yang terbaik guna membuka dialog bersama dengan klien. 

3. Berikan Edukasi Kepada Para Pembeli

Kendala umum yang sering terjadi dalam bidang penjualan unit perumahan ataupun real estat yakni bagaimana kamu mengedukasi mereka. 

Mengedukasi para pembeli bisa jadi cara promosi perumahan di sosmed yang bisa kamu lakukan. 

Strategi ini bisa jauh lebih efektif dari hanya sekadar pembuatan kata kata promosi perumahan subsidi yang menarik juga menjual. 

Jangan cuma dari kata-kata. Berikan mereka pengalaman untuk menjelajah unit yang ingin mereka beli. 

Buatlah mereka mampu merasakan pengalaman terbaik sampai mereka setuju untuk membeli unit perumahan. 

Media sosial bisa jadi sarana yang tepat untuk masalah ini. Jika punya blog, tuliskan beberapa tips pembelian rumah, apa saja yang harus mereka cek, serta beberapa pertimbangan sebelum membelinya. 

Jika ingin menggunakan beberapa platform sosial media, buatlah para pembelimu jadi ‘pintar’ karena konten edukasi yang kamu buat dan produksi. 

Saat mereka sudah memahaminya, maka pastinya mereka akan mempercayaimu karena kamulah yang membuat mereka paham tentang perumahan. 

4. Interaksi dengan Followersmu

Pembeli unit perumahanmu akan sangat berharap kalau mereka mendapatkan jawaban yang praktis tentang semua pertanyaan yang ada dalam benaknya. 

Tapi saat ini tempat mereka untuk bertanya suka salah sasaran. Terkadang pembeli rumah sangat jarang menelpon agen perumahan atau real estat secara langsung. 

Saat ini, kamu bisa mencari beberapa contoh iklan jual rumah di Facebook. Rata-rata pembeli akan menanyakan secara online. 

Selain menggunakan fitur Rekomendasi Facebook, mereka pun terkadang mengirimkan tweet langsung ke real estate melalui Twitter. 

Kamu harus bersiap dengan ini. Jawablah mereka dan pakailah beberapa pertanyaan dari mereka sebagai salah satu kesempatan guna memulai dialog. 

Ini bisa jadi cara promosi perumahan di sosmed yang cukup efektif dalam menuju deal pembelian. 

5. Responlah Semua Komentar Baik dan Buruk

Cara promosi rumah kontrakan, properti, dan sejenisnya pun bisa kamu lakukan dengan cara merespon semua komentar yang baik bahkan juga buruk. 

Hanya saja ingatlah satu hal, jangan pernah menanggapi komentar mereka dengan kalimat dan ungkapan yang kasar. 

Meskipun ulasannya buruk, tetaplah balas mereka dengan komentar yang baik. Media sosial memang terkadang begitu. 

Tahanlah dirimu untuk melawan banyak komentar dari netizen atau seorang kritikus. Jika kamu meresponnya dengan baik, citra perusahaanmu akan jauh lebih bagus. 

Baca Juga: 65+ Kata kata Cara Mempromosikan Produk Terbaik Bikin Laris

6. Konten Sosial Media Jangan Hanya tentang Perumahan

Yap, konten yang kamu posting sebisa mungkin jangan hanya tentang unit perumahan yang sedang kamu promosikan. 

Jangan selalu menjadikannya sebagai topik utama. Cobalah untuk memikirkan beberapa pertanyaan umum yang biasanya diajukan pembeli. 

Ubahlah itu menjadi suatu postingan. Berikan juga konten yang berkualitas agar mereka bisa datang kembali ke sosial mediamu. 

7. Bikinlah Video

Tidak hanya sibuk memberikan kata-kata iklan jualan rumah, pembuatan video pun menjadi satu hal yang sangat krusial. 

Ada milyaran kali penayangan video di hampir setiap sosial media. Memang, biayanya cukup mahal apalagi untuk mengambil gambar juga mengedit video. 

Tapi adanya konten video ini menjadi elemen yang sangat penting dari cara promosi perumahan di sosmed. 

Mengapa? Pembeli rumah pasti akan mempertimbangkan beberapa hal visual. Jika kamu mengeksekusinya dengan baik, dan videomu bisa membuat hubungan emosional yang tepat, mereka bisa langsung tertarik untuk membelinya. 

Salah satu contoh konten video yang bisa kamu produksi yakni Video Walkthroughs. Video ini memang bikin para customer sangat engage dengan sosial media perusahaanmu. 

Properties Online merilis laporan yang mengatakan bahwa 73% prospek dari real estate lebih disukai jika menggunakan konten Video Walkthroughs. 

Video ini akan membantumu untuk menampilkan perumahan secara online. Tidak hanya bernilai edukasi, tapi juga sangat bernilai entertain. 

Video ini akan membuat calon pembelimu akan berhenti scroll dan kemudian menonton video atau kontenmu. 

8. Bikin Konten yang Menghibur

Banyak orang-orang yang lagi sedih, mumet, sumpek, dan lainnya yang menggunakan sosial media sebagai sarana hiburan. Berikanlah mereka hiburan juga dengan kontenmu. 

Bisnis perumahan dan real estat kadang hanya nyediain konten yang garing dan minim kreativitas. Kamu bisa jadi agen yang berbeda dengan membuat konten hiburan. 

Banyak banget cara promosi perumahan di sosmed dengan pembuatan konten hiburan. Bisa produksi konten seperti memes. 

Data menunjukkan kalau lebih dari 60% orang lebih suka membeli produk dari perusahaan yang menggunakan meme sebagai salah satu metode pemasarannya. 

Nggak cuma itu. Kamu pun bisa membuat konten hiburan seperti before/after dari renovasi. Tak perlu video, bisa juga pakai foto atau gambar. 

9. Gunakan Polling dan Pertanyaan

Polling dan pertanyaan bisa membuat audiensmu lebih memiliki hubungan yang erat. Kamu pun bisa mendapatkan insight lebih dengan cara ini. 

Strategi yang harus kamu gunakan, yakni strategi yang bisa menyentuh ‘pain points’ atau masalah inti dari yang selama ini terpikir oleh calon pembeli rumah. 

Misalnya saja, tipe rumah yang cocok dengan range pendapatan bulanan tertentu, desain yang ramah terhadap anak, dan juga lain sebagainya. 

10 Bikin Konten Harian Sebagai Agen Perumahan

Ini bisa jadi strategi marketing perumahan subsidi yang sangat tepat untuk kamu produksi dan unggah dalam media sosial. 

Tidak ada yang lebih baik dari menunjukkan sisi kemanusiaanmu dibandingkan dengan mengunggah keseharian. 

Memanusiakan brand yang kamu kembangkan, bisa jadi ‘nilai’ dari bisnismu. Jika bisnismu punya tim di belakangnya, kenalkanlah mereka juga. 

Jadinya hubungan antara manusia dengan manusia bisa terjalin karena kamu memang memanusiakan brand milikmu. 

11. Membuat Konten Komersial

Kamu pun sesekali membutuhkan cara promosi perumahan di media sosial satu ini. Yap, konten komersial atau konten promosi juga jadi sangat penting. 

Kamu bisa bikin daftar perumahan baru yang tengah dalam proses pengerjaan, atau membagikan konten testimoni dari pelanggan sebelumnya. 

Konten testimoni ini bisa jadi alasan mengapa penjualanmu bisa sukses. Ada banyak pelanggan yang hanya akan mengambil keputusan setelah mereka membaca ulasan yang positif. 

Sosial media bisa membantumu untuk hal ini. Kamu bisa mengumpulkan permintaan klien sebelum deal dengannya. 

Kamu pun bisa memposting bagaimana wajah bahagia klien yang sudah membeli perumahan dari kami. Bagikan juga feedback positif dari para pelanggan, dan banyak lagi. 

12. Gambar ‘Telah Terjual’

Reputasi adalah hal penting dalam perusahaan yang ingin mempromosikan perusahaan. Berikanlah beberapa gambar yang menunjukkan kalau banyak orang telah membeli unit yang kamu tawarkan. 

Itulah beberapa cara promosi perumahan di media sosial dan alasan mengapa kamu harus menggunakannya. Semoga membantu!

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar