10 Cara Promosi di FB yang Efektif agar Makin Laris!

Salah satu kanal yang cukup banyak jadi media promosi adalah Facebook. Jika ingin mempromosikan produkmu, wajib banget tahu gimana cara promosi di FB. Kalau belum tahu, sini kami berikan penjelasan lengkapnya. 

Promosi yang efektif bisa bermanfaat buat meningkatkan omset usahamu. Banyak level perusahaan entah itu kecil maupun besar yang sudah menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. 

Media sosial ini sangat berguna untuk mengembangkan jangkauan sekaligus meningkatkan visibilitas dari bisnismu. 

Apalagi saat ini ada miliaran orang yang menjadi populasi pengguna media sosial. Paham dengan beberapa contoh promosi di Facebook lalu menerapkannya sendiri tentu jadi salah satu kunci kesuksesan dari bisnismu. 

Selain itu, penjualan pun bisa meningkat dan juga bisa membangun koneksi yang lebih kuat dengan audiens yang ada. 

Cara Promosi di FB

Sebenarnya kamu bisa memilih dua kategori utama untuk mempromosikan usaha di Facebook. Bisa dengan cara promosi di Facebook berbayar dan juga yang gratis. Bakal kami bahas dua-duanya di sini: 

1. Ikut Grup yang Populer di Bidang Bisnismu

Saat memutuskan untuk mempromosikan produkmu di Facebook, maka salah satu caranya adalah dengan ikut dalam grup yang populer. 

Jangan sembarangan masuk grup, tapi pastikan kalau grupnya itu memang juga ada dalam industri yang sama. 

Misalnya nih usahamu bergerak di bidang perikanan. Yaudah masuk aja ke grup-grup peternak, grup jual – beli ikan, dan lain sejenisnya. 

Kamu harus masuk ke grup yang di dalamnya banyak anggota. Kalau bingung, ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan. 

Misalnya saja ada ciri dari grup Facebook yang cukup bagus. Cirinya adalah setiap post yang ada biasanya punya banyak komentar juga banyak like. 

Selain itu anggota atau membernya sering sharing informasi juga sering tanya jawab. Nggak ada spam juga termasuk cirinya. 

Tapi untuk melakukan cara promosi di FB ini, kamu jangan langsung promosi pas baru masuk. Sabar aja dulu, lakukan dengan perlahan. 

Di awal silakan untuk melakukan perkenalan dulu. Beri juga informasi penting yang kaitannya dengan grup. Tunggu seminggu atau dua minggu baru bisa promosi tipis-tipis. 

2. Bikin Konten Inovatif

Yap, cara promosi di Facebook gratis lanjutnya adalah dengan membuat konten yang edukatif. Inspirasi adalah kunci dari semuanya. 

Hal ini pun berlaku di Facebook. Gambar yang kualitasnya tinggi serta konten yang edukatif tapi menyenangkan, bisa membuat Facebookmu punya engagement yang tinggi dengan semua followers. 

Jenis postingannya wajib inovatif. Kalau kamu ingin lebih bagus ada loh beberapa tips yang bisa banget buat kamu coba:

Tips yang pertama adalah jangan sering-sering pakai stock images atau juga gambar genering. 

Dibandingkan posting foto yang bagus-bagus doang, pake filter, dan intinya kelihatan bagus di foto doang, lebih baik tunjukin gimana sebenarnya produkmu terlihat. 

Kamu bisa tuh nunjukin langsung penggunaan produkmu di kehidupan sehari-hari alias ketika digunakan. 

Misalnya aksesoris nih, lebih baik tunjukin secara langsung ketika mix – match dengan pakaian atau dengan aksesoris tambahan lainnya. 

Ada cara lain sih sebenarnya. Kamu mungkin agak ragu saat akan menggunakan cara ini. Padahal jasa mereka terbilang sangat penting. 

Contohnya nih, kamu bisa cek beberapa influencer yang punya banyak audience dan mereka bikin video seperti, tutorial penggunaan produk, tips, trik, dan sejenisnya. 

Cara promosi di FB lainnya adalah dengan menggunakan tren latest video. Kamu bisa membagikan banyak contoh konten. 

Misalnya aja room tour, keseruan saat menggunakan produk, keunggulan produk, dan masih banyak lagi. 

Bisa juga dengan merekomendasikan ide yang bagus buat pemakaian produkmu. Ini bisa jadi alasan kenapa orang-orang bakal beli produk yang kamu tawarkan. 

3. Tunjukkan Customer Satisfaction

Bukti lebih baik dari hanya sekadar rangkaian kata-kata promosi di Facebook dan juga media lainnya. Apalagi sekarang kita masuk ke dunia user-generated content. 

Jenis ini bisa bantu kamu pada dua point penting. Pertama bisa membuat pelanggan spesialmu tetap senang dan bisa menunjukkan UGC pada orang lain. 

Customer yang baru juga potensial bisa tahu kalau kamu sudah punya konsumen yang senang juga merasa puas. 

Mereka akan langsung melihat kalau produkmu beneran bagus dan bisa digunakan dengan baik. 

Cara promosi di FB dengan metode ini bisa dengan menjalankan giveaway atau semacam kontes. Yap, kamu bisa mengadakan giveaway. 

Pesertanya bisa dari follower Facebook yang kamu punya. Ini bisa jadi langkah tepat untuk follower agar ikutan berpartisipasi. 

Dengan tingginya partisipasi mereka, apalagi sampai post di media sosial pribadi, kamu bisa dapat eksposur yang besar dengan biaya yang minim. 

Selain itu bisa dengan mendukung kastamer agar memakai hashtagmu. Saat mempublikasikan postingan tentang produkmu atau ngadain campaign, minta mereka juga ikut memakainya. 

Hal ini bisa membuat mereka ikut memamerkan produkmu. Banyak kok perusahaan besar yang sudah menggunakan metode ini. 

3. Carilah Minimal 5 Page Brand Kompetitormu

Selain itu cara promosi di FB lainnya yang cukup menarik buat dicoba adalah dengan mencari informasi tentang kompetitor. 

Setelah menemukan saingan atau kompetitornya, maka silakan pelajari postingan yang punya banyak like. Selain itu juga cari tahu kapan waktu yang tepat buat positingan yang punya banyak like juga komentar. 

Desain cover dan foto milik mereka juga bisa jadi referensi dan kamu bisa remake ke yang jauh lebih baik lagi. 

4. Tentukan lalu Lihat Target Calon Audiens

Ini juga termasuk salah satu cara promosi di FB yang gratis. Kamu harus tahu dulu pasar dan targetnya buat bisnis. 

Misalnya saja nih targetmu yakni orang dengan usia lebih dari 18 tahun. Nggak mungkin dong kalau postingannya bertema anak-anak. 

Tentu ini bisa jadi pertimbangan kalau kamu ingin mempromosikan produk dan akan disukai oleh target audiens. 

5. Analisis Performa Adalah Hal Wajib

Jangan lupa, analisis performa dari promosimu jadi hal wajib buat dianalisis. Ada di menu Insights dan coba lihat jam berapa banyak audiens yang aktif. Post apa saja yang punya engagement tinggi, dan konten apa yang reach-nya paling banyak. 

Jika memang belum tahu caranya, bisa konsultasi ke digital expert yang jasanya bisa kamu temukan di manapun. 

Baca Juga: 15+ Cara Mempromosikan Produk di Sosmed yang Tepat

6. Gunakan Facebook Ads

Facebook menjadi salah satu platform iklan yang patut buat kamu coba. Ada 1,65 miliar lebih pengguna yang aktif bulanan. 

Mereka pun berbagi banyak hal mulai dari informasi demografis, interest, lokasi, usia, dan lainnya. 

Pakailah informasi itu untuk menemukan cara promosi di FB yang spesifik. Tentukan target, demografi, juga geografinya. 

Cobalah juga untuk menggabungkan antara fitur Shop yang ada di Facebook pada strategi iklan yang kamu miliki. 

Kalau sudah menambahkan fiturnya, kamu beneran bisa ningkatin produk individu lewat iklan Facebook itu. 

Pertimbangkan merk juga produk apa yang kamu tawarkan. Target setiap iklan pun harus hati-hati. 

Pikirkan juga mengenai karakter dan gaya yang kamu bangun lewat produkmu juga targetkan mengenai interestnya. 

Misalnya nih, kalau produkmu itu fashion, artinya karakter dan gaya yang bisa kamu bangun adalah dengan yang sesuai. 

7. Penayangan Konten yang Konsisten

Yap, sekarang kamu harus bisa mempertimbangkan bagaimana metode yang efektif buat menayangkan konten. 

Pasalnya konten memang harus kamu publish dengan konsisten. Di jam tertentu dan di waktu tertentu. Konsistensi adalah kunci dari banyak keberhasilan. 

Kamu pun harus bikin konten yang konsisten. Termasuk juga konten mengenai produk terbarumu. 

Produk terbaru pun sebisa mungkin harus ada, contohnya setiap bulan, per tiga bulan, dan di interval waktu yang lainnya. 

Ini bisa menyasar siapapun yang memang menunggu postingan sekaligus produk-produk terbarumu. Cara promosi di FB ini memang wajib kamu lakukan. 

8. Buat Fan Page Sendiri

Salah satu cara yang juga banyak dilakukan adalah pembuatan fan page. Ini bisa jadi cara buat mempromosikan produkmu secara tertarget. 

Ada fitur dalam fan page yang memang belum bisa terakses lewat akun personal. Fiturnya seperti insight, post boost, juga konektivitas dengan akun iklan yang berbayar. 

Promosi dengan cara ini akan menimbulkan kesan yang jauh lebih profesional daripada lewat akun personal. 

9. Aktif Berkomunikasi dengan Konsumen

Kunci yang sangat penting untuk membangun brand dan merk adalah dengan aktif berkomunikasi. 

Kamu memang harus secara aktif berkomunikasi dengan baik dengan calon pelanggan, konsumen pertama, bahkan juga pelanggan lamamu. 

Pastikan selalu memberikan balasan komentar pada postingan. Dengan ini, kamu dapat memonitor brand juga produk yang tengah kamu promosikan. 

10. Pakai Fitur Polling dan Pertanyaan

Mungkin ini bisa jadi ide kreatif untuk konten untuk kamu unggah. Pakailah fitur polling dan pertanyaan untuk beberapa postinganmu. 

Hal ini tujuannya untuk memancing audiens agar mereka ikut berpartisipasi dalam interaksi. 

Itulah beberapa cara promosi di FB yang bisa kamu lakukan. Sangat cocok buat pemula dan yang belum pernah coba promosi sendiri. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar