15+ Ide Usaha Pendamping Konter Pulsa Paling Nguntungin!

Bagi yang sudah punya usaha konter pulsa dan ingin meningkatkan penghasilan, kami punya beberapa ide usaha pendamping konter pulsa paling nguntungin. Coba deh cek lebih lengkap dalam artikel ini. 

Jadi nanti produk yang kamu sediakan nggak bakal ngebosenin. Pelanggannya pun bisa lebih banyak karena adanya variasi produk yang cukup banyak. 

Artinya audiens atau calon konsumenmu bisa lebih banyak karena banyak kebutuhan mereka yang bisa kamu penuhi. 

Kalau di buku-buku bisnis kan banyak tuh yang bilang. Jangan dari satu sumber pendapatan doang, melainkan harus banyak. 

Nah salah satu cara meningkatkan omset konter pulsa yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah usaha pendamping di dalam kontermu. Penasaran? Coba deh cek sini. 

Baca Juga: Rincian Modal Buka Usaha Konter, Bisa Untung Nggak Ya?

Usaha Pendamping Konter Pulsa

Buat beberapa orang yang sudah punya usaha konter, mungkin banyak yang berpikir kalau usahanya kurang menjanjikan. Tapi ini bukan jadi alasan buat kamu mengeluh. 

Melainkan harus jadi alasan juga sebab dari pengembangan atau inovasi konter pulsa agar punya penghasilan dan juga peluang yang lebih menjanjikan. 

Nah salah satu caranya kalau kamu ingin meningkatkan usaha konter milikmu jadi lebih menjanjikan adalah menambahkan usaha pendamping. 

Nantinya kalau kamu nambah usaha pendamping maka kemungkinan untuk didatengin banyak konsumen yang lebih banyak karena mereka bisa dapet apa yang emang dibutuhin. 

Ide Usaha Pendamping Konter Pulsa

Sebelum kamu menambah usaha sampingannya, maka harus paham dulu tentang apa saja yang dijual di konter pulsa lebih dahulu. Penasaran dengan apa saja idenya? Berikut penjelasannya: 

1. Jasa Top Up Game

Saat ini banyak anak muda sampai orang dewasa yang sangat suka bermain game. Maka dari itu ada baiknya untuk mencoba untuk menjual atau menyediakan jasa untuk top up game. 

Saat ini bisa sangat menjanjikan. Karena kegiatan bermain game online ini tidak hanya untuk beberapa kalangan saja. Apalagi tak jarang orang-orang akan mengeluarkan banyak uang untuk hal ini. 

Ide usaha pendamping konter pulsa ini juga sangat menjanjikan karena yang hobi main game, nggak bakal itung-itungan untuk top up game. Sekarang pun sudah banyak game online yang bisa diakses secara mobile. 

Misalnya saja ada Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan masih banyak lagi. Coba deh jualan ini. 

2. Sedia Payment Point Online Bank (PPOB)

Usaha konter pulsa di desa akan sangat menguntungkan jika membuka jasa Payment Point Online Bank atau singkatannya PPOB. Saat ini, orang desa belum semuanya bisa membayar sendiri. 

Buat masyarakat kota sih pembayarannya bisa mereka lakukan sendiri. Tapi buat di desa, masih banyak yang nggak tahu caranya. Maka dari itu, cobalah untuk menambah PPOB dalam jasa atau layanan usaha konter milikmu. 

Bisnis ini punya potensi karena sekarang pembayaran online itu sudah cukup mengalami peningkatan. PPOB memang jadi sering dicari oleh masyarakat buat kebutuhan tagihan listrik, BPJS, telepon, PDAM, juga yang lainnya. 

3. Transfer Uang Antar Bank dan Ambil Uang Tunai

Ada lagi nih usaha pendamping konter pulsa lainnya yang bisa kamu coba. Masih berkaitan kok dengan PPOB yakni transfer antar bank dan juga pengambilan uang tunai dengan cara jadi agen bank. 

Ini bisa jadi pilihan karena banyak masyarakat yang belum paham dengan ATM sekaligus cara untuk transfer melalui mobile banking. Mereka pun terkadang jauh dari cabang atau unit bank. Jadi buat transfer dan ambil uang cukup sulit. 

Beberapa orang mungkin akan langsung dateng ke bank yang cukup jauh itu. Nah, kamu bisa ambil peluang dari orang yang mager dateng ke bank langsung. Kamu bisa jadi agen bank yang ada di desa. 

Contohnya nih jadi agen BRILink kalau untuk bank BRI dan juga beberapa agen bank lain. Tidak ada biaya administrasi yang perlu kamu bayar dan akhirnya bisa mengambil untung yang cukup banyak. 

Jangan diremehin ide usaha konter pulsa biar tambah banyak untungnya ini. Kalau frekuensi transaksinya tinggi, maka keuntungan yang bisa kamu peroleh akan sangat banyak dan jelas menguntungkan. 

4. Bensin Eceran

Selanjutnya ada usaha pendamping konter pulsa lain yang lumayan banget buat kamu coba. Salah satunya adalah dengan berjualan bensir eceran. Ide ini cocok apalagi kalau kontermu ada di pinggir jalan. 

Usaha yang ada di pinggir jalan atau di lokasi strategis, sangat cocok buat nambah usaha pendamping bensin eceran. Pasalnya saat ini udah hampir semua orang pakai kendaraan bermotor. 

Tentunya bahan bakar akan sangat dibutuhkan. Pastikan bensinnya nggak kamu tempatkan di bawah matahari langsung karena ngaruh ke kualitas dan juga volumenya. Untungnya lumayan kok. Per botol bisa Rp 2.000-an. 

5. Aksesoris HP

Biar kontermu tampak lebih menarik, ada lagi sih usaha pendamping lainnya yang bisa kamu coba. 

Salah satunya adalah sedia aksesoris HP secara lengkap. Display konter bisa tampak lebih baik kalau ada aksesoris HP. 

Kamu bisa bikin display dengan cara menempatkan berbagai macam aksesoris yang bisa kamu jual. 

Pada umumnya, para pengunjung bakal mencari konter pulsa yang sangat lengkap beserta dengan jualan aksesoris. 

Misalnya saja hard case, tempered glass, soft case, pengisi daya, earphone, battery, juga yang lainnya. Ini bisa jadi usaha pendamping konter pulsa yang menguntungkan. 

6. Service HP dan Perlengkapan Elektronik

Tentu saja jasa servis HP juga menyediakan perlengkapan elektronik sangat relate dengan usaha ini. 

Selain itu usaha ini juga cukup banyak dicari. Kerusakan pada barang elektronik sudah pasti bisa terjadi. Apalagi untuk ponsel keluaran lama. Terkadang ada saja kerusakannya. 

Syaratnya tentu harus punya keahlian untuk servis ponsel. Kalau emang belum tahu caranya, nggak usah kamu coba. 

Usaha pendamping konter pulsa ini bisa jadi pilihan kalau kamu sudah kursus lebih dulu dan punya keterampilan itu. 

Sebab kalau belum tahu caranya dan ada pelanggan yang HP-nya malah tambah rusak, usahamu akan mendapatkan citra yang buruk di mata masyarakat dan pelanggan nggak akan kembali lagi. 

7. Jualan Kartu Perdana

Tentu saja dalam setiap konter ini bisa jadi pilihan terbaik. Kamu bisa mencoba untuk menjual berbagai macam kartu perdana pada konter. 

Kedua usaha ini memang cocok buat kamu gabungkan karena ada banyak orang yang butuh nomor baru apalagi saat nomor mereka sudah masuk masa tenggang. 

Selain itu nggak jarang ada orang yang tertarik pada nomor ponsel baru karena kombinasi nomor yang unik. 

Maka dari itu, jika kedua produk ini kamu gabungkan, usaha kontermu bisa rame lantaran variasi produknya. Enaknya lagi, konter jauh tampak lebih menarik karena banyak warna kartu perdana yang menghiasi etalase. 

8. Jualan Rokok

Memang usaha pendamping konter pulsa ini cukup jarang buat kamu temukan. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ini. 

Usaha rokok itu ibarat usaha yang nggak bakal mati. Kenapa? Para perokok tidak segan menghabiskan uang untuk membeli barang yang sangat mereka sukai ini. 

Coba aja tanya para perokok. Suruh pilih antara beli rokok atau beli makanan dulu. Pasti mereka akan banyak yang menjawab opsi pertama. 

Kenapa? Selain karena kecanduan, mereka sudah menjadikan rokok hampir sama seperti kebutuhan. 

Jangan lupa sediakan etalase dengan ukuran kecil. Bisa yang ukuran 50 cm x 40 cm. Etalase itu untuk tempatmu meletakkan rokok bahkan bisa juga sekalian korek api. 

Adanya etalase itu nggak bakal ganggu kontermu kok. Bahkan bisa memberikan kesan yang jauh lebih menarik dan bikin kontermu kelihatan jauh lebih ramai. 

9. Jasa Fotocopy

Ini bisa jadi ide terbaik kalau kamu punya modal lebih. Cobalah untuk membuka usaha fotocopy sebagai pilihan usaha pendamping konter pulsa milikmu. 

Apalagi jika lokasi kios atau kontermu ada di area yang dekat dengan sekolah, kampus, maupun areal perkantoran. Peluangmu untuk buka usaha fotocopy akan sangat menjanjikan. 

Apalagi hampir setiap hari ada aja orang yang butuh fotocopy. Entah untuk tugas sekolah ataupun berkas pengerjaan. 

Nggak cuma fotocopy, sediain juga printer bagi yang ingin mencetak berkas berwarna. Dijamin untung sih kalau ini. 

Tapi itu, minusnya dari segi modal. Kamu butuh modal yang sangat besar untuk sekaligus membuka usaha fotocopy dalam kios atau konter milikmu. 

Modalnya buat apa? Tentu aja buat membeli atau pengadaan mesin fotocopy yang harga termurahnya Rp 8 jutaan. Tapi katanya sih untungnya lumayan. 

Baca Juga: 15+ Ide Usaha Pendamping Konter Pulsa Paling Nguntungin!

10. Jual Token Listrik

Selanjutnya kami menyarankanmu untuk jualan token listrik. Sekarang ada banyak orang yang mulai beralih dari sistem pembayaran listrik bulanan ke pembelian token listrik. 

Banyak dari mereka yang beranggapan lebih hemat dan lebih mudah untuk mengurusnya. Kamu cukup menyediakan token listrik bagi masyarakat. 

Token listrik bisa jadi pertimbangan karena mirip pulsa dan kuota. Token adalah sesuatu yang menjadi kebutuhan utama dari banyak orang setiap bulannya. 

Maka dari itu, biar pendapatanmu nambah memang jauh lebih baik untuk sekaligus buka usaha pendamping konter pulsa satu ini. 

11. Jualan Stiker

Nggak cuma jualan aksesoris HP dan perlengkapan elektronik aja, jualan stiker pun bisa jadi pilihan terbaik. 

Apalagi stiker ini barangnya long last. Selain itu nggak bakal basi. Jadi tinggal letakkan aja dalam konter sekaligus tawarkan kalau ada pelanggan yang dateng. 

Ada banyak jenis stiker yang bisa kamu jual. Mulai dari stiker kecil khusus ponsel sampai dengan stiker yang cukup besar untuk motor. 

12. Jual Snack dan Minuman Dingin

Kamu mungkin sudah sangat sering melihat usaha pendamping konter pulsa satu ini. Yap, jualan snack dan minuman dingin. 

Usaha ini cocok buat kamu tambahkan ke dalam usaha konter kalau di sekitarmu banyak anak-anak yang suka jajan. 

Selain itu duit juga bisa muter. Nanti bisa jadi kembalian kalau kamu lagi nggak punya duit receh. Pelanggan bakal banyak kok yang mengiyakan. 

Hanya saja yang sulit adalah penataan letaknya. Kalau minuman dingin pun kamu butuh unit kulkas. Selain itu juga butuh bayar biaya listrik tambahan. 

Intinya kalau emang udah ada dana alias modal lebih, usaha ini bisa kamu jalankan. Tapi kalau belum ada, ya jangan dulu. 

13. Top Up E-Wallet

Sekarang emang udah banyak banget masyarakat yang tahu cara untuk top up e-wallet. Hanya saja masih ada kok sebagian yang belum tahu caranya. Kamu bisa jadikan usaha ini sebagai sampingan. 

Sediakan aja jasa untuk membantu konsumen top up saldo e-wallet milik mereka seperti ke GoPay, DANA, OVO, dan lainnya. 

14. Agen LPG

Sebenarnya dalam memilih usaha pendamping konter pulsa itu harusnya yang nggak susah ngurusnya. 

Nah, kira-kira apa usaha yang ngurusnya nggak susah? Salah satunya adalah dengan jadi agen LPG. 

Agen LPG itu tugasnya gampang. Cuma nerima barang dari distributor dan tinggal mencatat transaksi yang terjadi. 

Kamu pun nggak perlu repot melayani karena banyak pelanggan yang sering ambil sendiri tabung gas setelah mereka membayar. 

15. Agen PO Bus

Belum pernah kan kepikiran untuk jadi agen PO bus tertentu? Agen ini tugasnya untuk tempat masyarakat atau konsumen dapetin tiket dan jadwal bus. 

Kamu bisa menjadikannya pilihan karena sekarang banyak PO Bus yang menawarkan layanan ini kepada para pelaku usaha yang ingin tambah modal. 

Untungnya juga lumayan. Apalagi kalau di daerahmu ada beberapa PO bus yang namanya sudah cukup terkenal. Bakal rame dan untung sih!

16. Pompa Ban

Nggak kepikiran banget ya untuk buka usaha ini? Sama sih, saya yang nulis juga baru kepikiran. 

Kenapa? Soalnya ngurusin ini usaha gampang banget. Tinggal beli kompresor aja dan taruh kompresor di depan usahamu. 

Nantinya masyarakat yang ban kendaraannya kurang angin atau kempos akan meminta jasamu untuk tambah angin. 

Satu kendaraan roda dua bisa Rp 2.000. Bayangin aja kalau ada sekitar 25 kendaraan atau bahkan 100 kendaraan yang tambah angin. 

Tentunya usaha pendamping konter pulsa ini akan sangat menguntungkan. 

Itulah beberapa referensi atau ide usaha pendamping konter pulsa yang bisa kamu coba. Dengan beberapa ide tadi, usahamu bisa berkembang jadi lebih menjanjikan. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar