Analisis Buka Konter Modal 5 Juta dan Tips Terbaiknya!

Ingin buka konter modal 5 juta tapi nggak tahu rinciannya? Tenang aja. Di sini kami bakal jelasin beberapa rincian kebutuhan buat kamu yang ingin mulai usaha konter. 

Hanya saja karena modalnya kecil, mungkin perkembangan konter pulsamu membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Tapi bukan berarti usaha ini tidak menjanjikan. Ada kok kisah seseorang yang awalnya pegawai di suatu retail bisa buka usaha konter dengan modal tersebut. 

Bahkan setelah  memutar uang 5 juta yang ia miliki, sekarang dia berhasil mendapatkan omzet Rp 250 juta per bulan dari hasil usaha konternya. 

Kenapa bisa begitu? Tentu karena kebutuhan pulsa dan kuota dari konter memang menjadi salah satu kebutuhan utama saat ini. 

Baca Juga: Rincian Modal Buka Usaha Konter, Bisa Untung Nggak Ya?

Potensi Buka Konter Modal 5 Juta

Bisnis konter sekarang ini jadi ladang bisnis yang bikin untung. Gimana enggak, sekarang kebutuhan akan beberapa pendukung smartphone seperti pulsa dan kuota itu jadi hal utama. 

Misalnya saja tanpa pulsa dan kuota, smartphone-mu nggak bakal bisa apa-apa. Maka dari itu belakangan emang banyak banget yang bilang kalau punya uang 5 juta di tangan mending bikin konter pulsa aja. 

Potensi buat usaha ini sampai sekarang juga masih ada. Banyak kok yang hidup dari usaha konter. Memang marginnya sudah nggak seperti dulu karena ada kebijakan registrasi NIK dan KK yang mengurangi keuntungan pemilik konter. 

Kalau kamu buka konter modal 5 juta maka margin keuntungan per produknya cuma Rp 2.000 – Rp 5.000. Meskipun begitu, usaha ini masih terbilang menggiurkan. 

Rincian Buka Konter Modal 5 Juta

Memang nggak banyak hal yang bisa kamu sediakan di dalam konter yang hanya dimulai dengan modal Rp 5 juta. Ini jelas cukup berbanding terbalik dengan rincian modal membuka usaha konter yang sudah kami bahas sebelumnya. 

Tapi jika memang modal yang kamu miliki hanya Rp 5 juta, maka berikut rinciannya: 

  • Etalase konter kecil, bisa bekas agar lebih murah: Rp 700.000
  • Kursi konter: Rp 35.000 x 2 kursi: Rp 70.000
  • Deposit pulsa: Rp 2.000.000
  • Beli voucher internet: Rp 1.000.000
  • Beli token: Rp 1.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp 230.000

Ini bisa jadi ide usaha modal 5 juta di desa yang sudah dengan lengkap kami rinci dengan beberapa kebutuhannya. Dengan modal segitu, silakan lengkapi sesuai dengan rincian yang sudah kami sebutkan. 

Berapa Keuntungan dari Buka Konter Modal 5 Juta? 

Sebenernya sih kami sudah mencoba menghitung dan mencari informasi tentang biasanya berapa keuntungan dari setiap produk di konter. Rata-rata untung yang diambil sekitar 30% untuk setiap produknya. 

Jadi hitungannya keuntungannya begini: 

  • Keuntungan penjualan pulsa; Rp 2.000.000 x 30% = Rp 600.000
  • Keuntungan penjualan kuota: Rp 1.000.000 x 30% = Rp 300.000
  • Keuntungan penjualan token: Rp 1.000.000 x 30% = Rp 300.000

Jadi untuk estimasi perhitungan keuntungannya adalah Rp 1.200.000. Ini sudah keuntungan bersih dari usaha konter yang dibuka dengan modal Rp 5 juta. 

Tapi itu belum kami potong dengan biaya operasional yang kamu butuhkan per bulannya. Kalau biaya operasional itu mencakup biaya listrik dan lainnya. 

Nah ‘biaya lain-lain’ yang kami sebutkan itu adalah untuk biaya operasional. Kalau Rp 1.200.000 – Rp 230.000 maka hasilnya Rp 970.000. 

Itu dapetnya berapa bulan? Bisa sehari dan bisa juga berbulan-bulan tergantung seberapa ramai usahamu. 

Memang ini akan cukup menguntungkan karena buka konter modal 5 juta biayanya memang relatif rendah serta keuntungan yang bisa didapatkan dalam waktu cepat, kalau emang rame dan beruntung. 

Baca Juga: 15+ Ide Usaha Pendamping Konter Pulsa Paling Nguntungin!

Tips Buka Konter Modal 5 Juta

Ada uang 5 juta buat usaha apa ya? Salah satunya bisa dengan buka usaha konter. Kalau ingin membuka konter dengan modal yang nggak terlalu banyak ini, kami punya beberapa tipsnya buat kamu: 

1. Nggak Perlu Sewa Tempat, Pakai Rumah atau Pinggir Jalan Aja

Yap, ini jadi salah satu tips buat kamu yang ingin membuka usaha konter. Lantaran modalnya emang minim maka jauh lebih baik kalau tidak pakai atau tidak memilih untuk sewa tempat ataupun lokasi. 

Tips pertama adalah dengan menggunakan rumahmu saja untuk membuka usaha ini. Nggak apa-apa dari rumah dulu, siapa tahu bisa untung dan bisa berkembang lebih pesat lagi. 

Nanti jika memang ada keuntungannya, kamu baru bisa pindah ke tempat atau lokasi yang jauh lebih strategis. Ini bisa jadi tips terbaik untuk yang ingin buka konter modal 5 juta

Nggak cuma bisa pakai rumahmu aja. Ada opsi lain yang terbaik. Bisa dengan mencoba membuka usaha konter di pinggir-pinggir jalan yang sekarang banyak dilakukan oleh orang yang modalnya tipis. 

Ini pun terbilang menguntungkan karena ada yang melakukannya. Kisahnya bisa kamu baca di sini

2. Alokasi Biaya Harus Tepat

Kemudian kami juga nyaranin buat pinter-pinter mengalokasikan biaya. Dalam bisnis tuh, yang penting adalah pemanfaatan sumber daya yang ada dengan maksimal. 

Dengan modal Rp 5 juta maka kamu harus jago membagi biaya dan modal tersebut. Bisa dengan membeli beberapa produk yang memang punya banyak peminat. 

Misalnya saja pulsa dan voucher internet. Alokasi terbesar bisa kamu letakkan pada produk tersebut. Dengan kata lain, produk ini harus lebih banyak daripada yang lain. 

Maka dari itu kami menyarankan untuk membagi sebagian besar alokasi biaya untuk pulsa, voucher, dan juga yang lainnya. 

3. Nggak Perlu Karyawan Dulu

Yup, kalo modalnya dikit emang mending kerjain sendiri dulu. Apalagi kalau kamu buka usaha modal 5 juta. Sangat tidak masuk akal jika harus membayar karyawan. 

Soalnya keuntungan sebulan masih segitu-gitu aja dan kalaupun ingin membiayai pegawai dengan modal sendiri, modalnya juga nggak besar. 

Jadi misalkan modalnya memang kurang, maka yang harus ditambah adalah pengorbananmu untuk waktu dan tenaga sendiri. Ini adalah harga yang harus kamu bayar untuk menutupi minimnya modal yang kamu miliki. 

Intinya kalau duitnya masih dikit, ya harus mau capek-capek sendiri dulu. Kalau udah gede baru tuh kamu bisa bayar-bayarin karyawan sendiri. 

4. Pisah Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ini sering jadi kesalahan yang dilakukan banyak pemula dalam membuka bisnis. Umumnya mereka nggak membagi antara keuangan bisnis dan juga keuangan pribadi. 

Padahal ini cukup fatal. Kadang ada modal yang keikut alias kepake tanpa sengaja. Kadang khilaf buat menggunakannya untuk hal lain, dan ada aja pokoknya. 

Intinya kalau mau buka konter modal 5 juta maka kamu harus bijak dalam mengelolanya. 

5. Sabar

Jelas dong, kamu harus sabar ketika memulai usaha ini. Kalau mau modal Rp 5 juta untuk konter dan bisa untung cepat, ya tergantung rejeki aja sih. 

Jika memang rejekinya lancar, ya bisa berkembang cepat. Tapi secara perhitungan rasional maka umumnya modal Rp 5 juta ini bisa berkembang usahanya namun cukup lama. 

Dengan beberapa penjelasan yang udah kami berikan, sekarang kamu bisa mulai buka konter modal 5 juta. Jangan lupa untuk perhatikan tipsnya. 

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar