15 Pilihan Kerja Sampingan untuk Pelajar SMP, Tambah Uang Jajan!

Kata siapa pelajar SMP belum bisa kerja? Bisa banget kok. Asalkan kamu tahu ada beberapa opsi kerja sampingan untuk pelajar SMP yang tersedia di sini. Coba deh cek dengan lengkap.

Bukan demi mewajarkan ada pekerja yang di bawah umur. Tapi kalau kerja dari SMP itu, bisa memperpanjang waktu atau progress hal yang memang ingin kamu geluti. Kamu bisa dapet waktu yang lebih panjang untuk berproses.

Ibaratnya kamu berjalan lebih awal dari garis start dengan harapan, bisa mencapai banyak hal dalam waktu yang lebih cepat juga. Selain itu juga sangat baik demi mengasah mentalmu meskipun masih SMP.

Baca Juga: 12 Pilihan Usaha untuk Orang Tua, Bisa Kerja di Rumah!

Pilihan Kerja Sampingan untuk Pelajar SMP

Referensi atau pilihan pekerjaan untuk pelajar yang bisa digeluti cukup bervariasi kok. Bukan sedikit, malah bisa dibilang ada sangat banyak ragam dan jenis pekerjaan yang bisa digeluti, ini dia referensinya:

1. Jualan Pulsa, Paket Data, dan Top Up Game

Saat ini kebutuhan internet memiliki permintaan yang amat tinggi. Siapa sih orang yang nggak pake internet? Hampir semuanya pakai, kok.

Nah permintaan yang tinggi itu bisa jadi peluang usaha untuk kamu jalankan. Bahkan pelajar SMP juga bisa kok menggelutinya.

Mengapa? Tentu salah satu alasannya karena opsi kerja sampingan untuk pelajar SMP ini cukup mudah untuk dikelola.

Pilihan produk yang bisa kamu jual pun bervariasi. Bisa berjualan pulsa, paket data, voucher data, maupun top up game.

Khusus produk yang terakhir, kami yakin banget bakal laku keras. Tahu sendiri kan, sekarang peminat game itu sangat tinggi.

Utamanya beberapa game populer seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire, dan sejumlah game populer lainnya.

Selain itu, kerja sampingan satu ini bisa digeluti karena modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini bisa kok dimulai dengan modal Rp 100 ribu aja. Coba deh cek lebih lengkap ke sini buat analisis serta persiapan jualannya.

2. Freelance Writer

kerja sampingan untuk pelajar smp

Siapa bilang kemampuan menulis hanya bisa dipelajari oleh pelajar SMA dan di atasnya? Pelajar SMP pun bisa kok menggeluti usaha ini.

Freelance atau pekerja lepas, belakangan memang menjadi opsi bagi siapapun yang ingin mendapatkan pekerjaan sampingan.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini sangat cocok dilakoni, utamanya bagi mereka yang hobi menulis sejak kecil.

Jika ingin menjadi freelance writer, ada beberapa hal yang perlu diketahui lebih dulu. Misalnya saja memahami teknik dasar kepenulisan.

Selain itu temukan juga gaya kepenulisanmu agar memiliki nilai tambah dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan tulisan orang lain.

Selanjutnya perhatikan juga struktur, meningkatkan kemampuan riset, dan yang tak kalah penting adalah terus menambah jam terbang dengan latihan.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini pun sangat cocok dilakukan karena banyak kanal yang mau menerima tulisanmu.

Contohnya pada beberapa website yang akan memberimu fee untuk setiap artikel yang terbit, bergabung dengan agensi, dan membuka jasa sendiri di platform freelance.

Demi memaksimalkan usahamu, ada beberapa panduan menarik yang bisa kamu simak di sini. Langsung cek aja buat dibaca!

3. Dropshipper

Ingin tahu apa pekerjaan untuk anak SMP online dan juga minim risiko? Dropshipper adalah jalan ninja terbaik buat kamu!

Apalagi sekarang ini udah zamannya jualan online. Bahkan kamu yang nggak punya stok barang sekalipun juga bisa kok jualan.

Tinggal cari saja supplier terpercaya yang menyediakan layanan dropship. Jangan lupa, belajar banyak hal juga tentang proses dropship.

Sekarang ini udah banyak kok informasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan di internet untuk kerja sampingan untuk pelajar SMP satu ini.

Kamu bisa belajar dulu dari awal sampai dengan paham tentang mengenai dropship. Selanjutnya, barulah sejumlah keuntungan bisa langsung diperoleh.

Keuntungan bisnis dropship ini ada banyak. Misalnya minim risiko, modal yang dibutuhkan nyari tidak ada, dan enaknya juga bisa kerja dari rumah.

Jangan lupa juga belajar banyak mengenai metode marketing dan strategi yang nanti bisa bikin toko online milikmu bisa ramai pembeli meskipun sistemnya dropship.

4. Jualan Makanan

Salah satu kerja sampingan untuk pelajar SMP yang bisa dibilang sangat worth untuk dikerjakan adalah jualan makanan.

Yap, usaha ini bisa dilakukan kalau kamu emang sangat suka dengan kegiatan memasak dan mencoba berbagai macam resep baru.

Daripada ribet mencari lowongan kerja untuk anak SMP yang belum tentu jelas diterima dan menghasilkan, usaha ini sepertinya jauh lebih worth untuk dilakukan.

Tidak perlu bingung dengan apa saja yang bisa kamu jual. Misalnya saja kamu bisa berjualan salah satu dari beberapa resep makanan yang disukai para pelajar.

Kamu bisa bikin takoyaki, cookies, puding, dessert box, salad, risol, sosis bakar, nugget, cireng, keripik kentang, dan masih banyak lagi.

Tapi mau dijual ke siapa? Langsung aja tawarkan pada teman sekelas lebih dahulu. Kalau laris dan berkelanjutan, bisa berjualan ke kelas-kelas lain.

Biar pelangganmu nggak bosen, silakan ganti-ganti menunya setiap hari. Tapi kalau emang ada satu produkmu yang sangat laris, lanjutin aja.

Modal untuk membuka atau memulai kerja sampingan untuk pelajar SMP ini juga tidak terlalu besar kok. Rp 100 ribu aja udah cukup banget, kok.

Baca Juga: 14 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Laki Laki, Nguntungin!

5. Jualan Barang Koleksi/Mainan

Selain beberapa referensi kerja sampingan di atas, kamu pun bisa mencoba untuk berjualan beberapa barang koleksi ataupun mainan untuk teman sebaya.

Tidak hanya bisa berjualan mainan, kamu pun bisa menjual beberapa collectible goods yang cukup menarik bagi teman sebayamu.

Misalnya nih pulpen unik, kertas untuk diary, cincin unik, buku bekas, tas menarik, dan masih banyak lagi.

Memang sih kamu butuh effort lebih untuk memulai kerja sampingan untuk pelajar SMP ini. Tapi yakin banget deh skill jualanmu bakal terasah kalau ngembangin ini.

Kalau penjualannya memang cukup tinggi, jangan lupa tambah barang-barang collectible lainnya yang kemungkinan larisnya sangat besar.

Baca juga: 14 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Laki Laki, Nguntungin!

6. Jasa Ketik dan Print Tugas

Tidak semua teman sebayamu yang ada di SMP itu semangat sekolah apalagi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Nah, kalau kamu merupakan salah satu pelajar yang terbilang rajin dan masih punya banyak waktu kosong, jasa ketik dan print tugas ini sangat cocok dikembangkan.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini tentu sangat menggiurkan. Tarifnya bisa disesuaikan dengan harga pasaran.

Jika memang ingin menerapkan harga sendiri nggak masalah kok. Bisa tarif per halaman ataupun langsung sesuai dengan kesepakatan di awal.

Yakin banget deh bakal banyak banget yang pesan jasa atau layanan yang kamu sediakan ini.

Bisa juga dengan menambahkan jasa print tugas sekalian. Ingat, nggak semua punya printer di rumah dan pasti ada aja yang mager harus ngantri di tempat print.

Sekalian aja tawarin jasa print tugas-tugas jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa, pastikan juga belajar beberapa tips untuk mengembangkan kerja sampingan untuk pelajar SMP agar berkembang lebih baik.  

7. Content Moderator

Pada salah satu situs freelance, kami menemukan bahwa cukup banyak permintaan untuk pekerjaan Content Moderator.

Hanya saja ada sejumlah hal yang memang wajib diketahui mengenai pekerjaan sampingan satu ini.

Misalnya saja dari tugas dan tanggung jawabnya. Kamu berkewajiban untuk memeriksa tulisan, konten video, ataupun gambar yang punya potensi menyinggung dan tidak diinginkan.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini pun terbilang sederhana. Kamu hanya perlu mengetahui apa saja tugas dan juga batasan dari setiap konten di sejumlah media sosial.

Misalnya saja tahu batas mana suatu konten dikatakan menyinggung, konten dikatakan berbahaya, dan juga konten seperti apa yang tidak diperbolehkan tayang.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk siapapun yang ingin bekerja secara remote atau online dan juga tidak full time.

8. Les Membaca

Meskipun masih SMP, tidak menutup kemungkinan ada pelajar yang memiliki keterampilan mengajar yang baik.

Selain itu, permintaan akan orangtua yang segera ingin anaknya bisa membaca juga cukup tinggi.

Kedua hal tersebut bisa menjadi peluang kerja sampingan untuk pelajar SMP yang cukup menggiurkan.

Kalau memang belum menguasai betul beberapa mata pelajaran, kamu bisa kok memulai usaha yang lebih sederhana.

Usahanya adalah les membaca buat anak-anak yang masih belum bisa membaca. Siapa target pemasarannya? Tentu langsung ke orangtua dari anak-anak saja.

Kalau langsung ke anaknya ya jelas nggak mau. Tapi kalau direct menawarkan ke orangtua mereka, banyak kok yang bakal tertarik.

Memang kerja sampingan untuk pelajar SMP ini peluangnya cukup besar. Kamu belajar aja tentang metode belajar membaca yang menarik.

9. Budidaya Tanaman Hias

Nah kalau pekerjaan sampingan ini sangat cocok dilakukan oleh kamu yang memang suka sekali berkebun dan juga merawat tanaman.

Budidaya ini merupakan salah satu model agrobisnis kreatif di Indonesia. Apalagi budidaya ini nggak pernah mati gaya buat menghasilkan tanaman yang unik dan menarik.

Tidak cukup pada produknya saja yang bisa kamu kreasikan. Tren, segmen, juga pasan serta kelembagaannya pun bisa dikreasikan.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini harus dilakukan dengan fokus mulai dari pemilihan jenis tanaman, serta bagaimana selera konsumen.

Tapi kalau sudah hobi sih tentu nggak masalah karena masalah ini sudah sangat dipahami. Enaknya lagi usaha ini bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa, Tingkatkan Penghasilanmu!

10. Jual Kerajinan Tangan

Ada cukup banyak berita yang menarik mengenai kreativitas anak SMP di Indonesia. Salah satunya mereka yang menyulap barang yang awalnya kurang berguna, jadi sangat berguna.

Bahkan nih ada loh yang menyulap sampah plastik yang awalnya terlihat tidak bernilai apapun, disulap jadi produk-produk kerajinan yang memiliki nilai jual.

Kamu pun bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan untuk pelajar SMP. Mana nih yang suka bikin atau berkreasi?

Tidak hanya cocok untuk sarana aktualisasi diri. Selain sebagai hobi, kamu pun bisa menjual hasil karya atau kerajinan tersebut loh.

Apalagi kalau di daerahmu sering ada bazaar atau acara pameran produk lokal. Bisa banget tuh ikutan untuk nawarin produknya.

Baca juga: 12 Pilihan Usaha untuk Orang Tua, Bisa Kerja di Rumah!

11. Bisnis Berdasarkan Hobi

Yap, tidak ada bisnis atau usaha yang sangat menyenangkan dibandingkan usaha berdasarkan hobi, bakat, dan minat seseorang.

Banyak banget kok ide bisnis yang berdasarkan atau berasal dari hobi setiap orang. Kamu bisa bebas memilihnya.

Contoh hobi yang bisa jadi kerja sampingan untuk pelajar SMP misalnya menulis, gambar, fotografi, lukis, blogging, traveling, kuliner, dan masih banyak lagi.

Meskipun nanti toh misalnya kamu tidak mendapatkan keuntungan berupa uang, kamu masih bisa dapat kesenangan ketika mengerjakannya.

Tidak hanya itu. Hobi yang kamu jalankan ini juga bisa semakin terasah dan jadi makin baik setiap harinya. Bukan tidak mungkin hobimu bisa jadi profesi di kemudian hari.

12. Content Creator

Siapa bilang content creator hanya boleh dikerjakan oleh orang-orang dewasa? Kamu yang masih SMP dan masih remaja juga bisa kok ngerjain ini.

Content Creator ini malah opsi kanalnya sangat banyak. Bisa di media sosial, blog, website, platform video, dan banyak lagi.

Kamu bisa jadi content creator yang bikin video ataupun konten lain kemudian membagikannya ke media sosial.

Bisa juga bergabung dengan agensi yang emang butuh content creator untuk membuat konten yang diinginkan dan banyak lagi.

Tapi guna memulainya, coba deh belajar dulu tentang tugas, tanggung jawab, juga tips agar jadi kreator konten berkualitas.

13. Jualan Produk Bekas

Punya banyak barang-barang nggak terpakai? Coba deh usaha jualan produk-produk atau barang bekas. Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini akan sangat menguntungkan.

Kamu bisa menjual beberapa barang yang memang secara fungsi sudah tidak efektif tapi masih dibutuhkan oleh orang lain.

Misalnya pakaian lama, buku lama, barang elektronik lama tapi masih bagus, dan juga yang lainnya.

Jika memang ingin audiens yang lebih luas, coba deh jualan di beberapa website yang cocok banget buat jualan barang bekas.

Selain itu cobalah untuk follow beberapa artis atau influencer yang sering kali menjual pakaian dan barang bekasnya.

Kamu bisa ikut menjadi salah satu pembelinya dan barang yang awalnya milik influencer itu, bisa dijual kembali dengan margin harga tertentu.

Kerja sampingan untuk pelajar SMP ini sangat cocok dilakukan karena modalnya bisa dari barang milik sendiri lebih dahulu.

14. Pegawai Toko

Nggak jarang loh ada toko yang cukup besar dan membutuhkan pegawai tambahan demi membantu kelancaran tokonya.

Kalau memang ada kesempatan, kami sarankan untuk langsung ambil saja kesempatan itu. Tentu tujuannya untuk jadi pekerjaan sampingan.

Tidak peduli tentang berapa bayaran yang nantinya bisa kamu bawa pulang. Kamu bisa belajar tentang cara melayani pelanggan dengan baik dan benar.

Mentalmu pun akan terlatih secara otomatis ketika berhadapan dengan orang baru jika menggeluti kerja sampingan untuk pelajar SMP ini.

Baca Juga: 12 Usaha Sampingan untuk Karyawan Shift, Buat Tambah Uang

15. Gamers

Hmm, sepertinya ini bakal jadi kerjaan sampingan favorit hampir semua orang. Yap, main game atau jadi gamers.

Sekarang ini game sedang booming dan hype-nya sangat tinggi. Tak jarang loh ada gamers yang bisa mendapatkan banyak keuntungan dari kegiatannya itu.

Opsional sebenarnya ingin jadi gamers jalur yang mana. Bisa jalur profesional atau masuk ke turnamen-turnamen dan bisa jadi konten kreator terkait gaming.

Itulah beberapa ide dan pilihan kerja sampingan untuk pelajar SMP yang bisa dipilih. Paling bagus sih yang sesuai sama hobi dan minat. Soalnya kamu tetap bahagia meskipun kerjaannya berat.

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar