7 Cara Bisnis Parfum Online untuk Pemula, Banyak Tips Juga Loh!

Memulai bisnis parfum secara online bisa jadi tantangan tersendiri. Apalagi saat ini sudah ada cukup banyak brand parfum lokal yang sudah terkenal. Tapi tenang saja, selama mengikuti cara bisnis parfum online di artikel ini, parfummu juga bisa terkenal.

Berjualan parfum tidak hanya bisa menggunakan cara konvensional. Misalnya dengan menyewa tempat, membangun toko, dan menata produknya dengan rapi agar banyak pelanggan yang tertarik, tidak semuanya begitu.

Sekarang siapapun sudah bisa memulai bisnis secara online yang jelas lebih mudah, meskipun juga tidak pasti langsung laris. Masih ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar produk parfum milikmu bisa laris.

Baca Juga: Strategi Bisnis Parfum Biar Jauh Lebih Laris

Kelebihan Bisnis Parfum Online

Yap, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika memilih bisnis online untuk dikembangkan. Misalnya saja kamu dapat memperoleh beberapa keuntungan bisnis parfum berikut ini:

1. Hemat Biaya

Salah satu kelebihan memulai bisnis secara online adalah kamu bisa sangat menghemat biaya. Bahkan bisa dikatakan kamu dapat melakukannya dengan gratis.

Kalaupun nanti harus keluar uang, jumlahnya tidak akan besar. Mengapa? Kamu nggak harus sewa ruko atau tempat untuk memulainya.

Di awal, kamu bisa menyimpan stok barang di rumah sendiri. Selain itu, promosi secara online juga akan lebih menekan banyaknya biaya yang perlu dikeluarkan.

Dengan bisnis online, kamu bisa menggunakan fitur periklanan yang ada di media sosial dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

2. Fleksibel

Bisnis online pun bisa dikatakan sangat fleksibel. Kamu bisa menjalankannya dari manapun selama memiliki koneksi internet serta perangkat laptop dan smartphone.

Jam operasional dari bisnis parfummu pun bisa sangat fleksibel. Kamu bisa buka dan tutup toko kapanpun diinginkan. Mau buka 24 jam? Tentu saja tetap bisa.

3. Butuh Sedikit Karyawan atau Pegawai

Salah satu keunggulan memulai bisnis secara online bisa dilihat dari sistemnya. Bisa dibilang sistem toko online ini sangat simpel.

Dengan begitu kamu tidak butuh banyak waktu juga biaya demi bisa merekrut karyawan.

Proses stok barang, pengiriman, dan lainnya sudah bisa dilakukan dengan satu maupun dua orang saja.

Tapi jika bisnis parfummu bisa berkembang dengan pesat, maka kamu bisa mempertimbangkan proses rekrut karyawan demi memudahkan pekerjaan.

4. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Sebenarnya dengan kamu memilih membuka usaha secara online, ini sudah termasuk sebagai salah satu cara bisnis parfum online yang membuatnya bisa berkembang pesat.

Bagaimana tidak. Bisnis secara online ini akan membuat tokomu bisa dikunjungi oleh siapapun.

Tidak ada lagi yang namanya batas wilayah, sampai membuatmu bisa memperoleh lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah. Bisa juga dari luar negeri, loh!

Baca Juga: Usaha Minyak Wangi, Biar Laris Pakai Cara Ini

Cara Memulai Bisnis Parfum Online

Setelah tahu apa saja keuntungan pemilihan bisnis secara online, sekarang kami akan bagikan bagaimana cara menjual parfum agar laris. Begini tips dan caranya:

1. Buatlah Rencana Bisnis

Salah satu cara yang jangan sampai dilewatkan adalah pembuatan rencana bisnis. Pembuatannya tentu sangat penting.

Minimal kamu punya beberapa hal berikut:

  • Misi
  • Tujuan awal
  • Target tiga, enam, sampai 12 bulan ke depan
  • Jumlah penawaran produk
  • Jumlah pengecer yang dibutuhkan untuk reseller,
  • Target arus kas
  • Metode penghitungan keuangan.

Perhitungan mengenai besaran modal awal yang kamu butuhkan juga jadi kewajiban untuk siapapun yang ingin usaha minyak wangi pemula.

Dengan menentukannya, kamu bisa memastikan kalau modal pembuatan parfum, pengisian, sampai pengemasan parfum itu cukup untuk digunakan.

Cara bisnis parfum online ini pun berlaku meskipun kamu ingin memulai bisnis online. Bahkan juga berlaku untuk hampir semua jenis bisnis.

Selain itu ada juga beberapa hal lain yang harus dilengkapi seperti:

  • Biaya awal
  • Anggaran
  • Pendapatan
  • Laba dan rugi
  • Laporan arus kas

Jangan lupa untuk membuat rencana yang matang serta pembaharuan rencana yang sesuai dengan data serta informasi terbaru.

Pembuatan rencana ini seperti halnya pembuatan peta yang nanti akan bermanfaat untuk mengarahkan dan mengaturmu menuju keberhasilan bisnis.

2. Buatlah Aroma Baru dan yang Memiliki Identitas

Strategi bisnis parfum yang tentu saja jangan sampai dilupakan adalah pembuatan produk yang berbeda dengan produk yang lebih dulu ada di pasaran.

Kamu bisa mencari tahu resep parfum maupun membuat campuran khusus dari beberapa tingkatan note yang ada.

Silakan meluangkan waktu agar kamu terbiasa dengan berbagai aroma parfum. Setelahnya cobalah padukan semua aroma.

Ini termasuk cara bisnis parfum online yang paling dasar, yaitu membuat produk itu sendiri jadi menarik di mata para pelanggan.

Buatlah catatan atas berbagai eksperimen yang kamu lakukan. Dapatkanlah aroma favorit yang nanti akan kamu produksi secara massal.

Kamu pun bisa meminta bantuan teman, keluarga, atau saudara guna menguji bagaimana aroma parfum tersebut.

Mintalah umpan balik atau feedback bahkan kritik yang membangun untuk menyempurnakan produk parfum milikmu.

Jangan lupa, pastikan kalau parfum milikmu memiliki identitas yang akan menjadi pembeda dengan parfum lainnya.

3. Produksi dan Pengembangan Parfum

Setelah semua hal di atas telah kamu persiapkan, cara bisnis parfum online selanjutnya adalah melakukan produksi dan pengembangan.

Pada tahap produksi, ajaklah manufaktur untuk bekerja sama agar kamu bisa memproduksinya secara massal.

Sebelum itu, tentu saja untuk memulai bisnis parfum original kamu harus memastikan kalau produkmu ini unik juga berbeda dan lebih baik dari parfum lainnya.

Pengembangan atau riset pun tidak hanya berhenti ketika dapat satu resep parfum saja. Melainkan harus mencoba riset lebih jauh agar jenis wewangiannya bisa berkembang.

4. Pilih Kemasan dan Botol yang Sesuai dengan Identitas Parfum

Kemasan sepertinya jadi aspek utama ketika kamu membuat parfum. Visual dari kemasan akan menampilkan nilai dari suatu produk.

Contohnya nih, kalau ingin parfum dengan citra elegan, maka kamu bisa memakai botol beling yang desainnya tegas.

Cara bisnis parfum online ini tentu perlu dilakukan. Jangan lupa juga pertimbangkan aspek fungsional.

Jadi tidak sekedar aspek visual saja. Percuma visualnya bagus tapi saat dipakai malah alat semprotnya tidak berfungsi. Ini akan jadi pengalaman mengecewakan bagi pelanggan.

5. Sediakan Tempat Penyimpanan

Bayi lahir tak langsung bisa berlari. Begitu juga dengan usaha parfum online yang kamu jalankan.

Setelah memproduksi secara massal dan sudah punya kemasan, kamu harus memiliki tempat penyimpanan karena nggak mungkin akan laku dalam sekejap.

Pastikan tempat penyimpanannya sejuk agar tidak merusak kandungan yang ada dalam parfum. Jauhkan juga dari produk yang gampang terbakar.

Cara bisnis parfum online ini mungkin akan sering dilupakan karena mengiranya, usaha online itu tidak butuh gudang. Padahal sangat butuh.

Tips dan Cara Bisnis Parfum Online agar Laris

Tak berhenti pada cara bisnis parfum online dari proses pembuatannya dan juga tahu apa saja yang harus disiapkan, kamu pun harus tahu beberapa tips buat berjualannya:

1. Buat Lapak di Berbagai Marketplace

Salah satu hal yang saat ini jangan sampai kelewat adalah kamu harus punya lapak di berbagai marketplace.

Mengapa? Tentu wajib dilakukan karena sekarang, masyarakat cenderung akan berbelanja lewat marketplace tertentu.

Agar dapat menyentuh semua kalangan, sediakanlah lapak di marketplace terkenal seperti Tokopedia, Shopee, dan juga yang lainnya.

2. Kembangkan Website Resmi

Nah cara bisnis parfum online yang mungkin sekarang sudah banyak dilakukan bisnis lain adalah pengembangan website.

Hal ini sangat berguna untuk jadi showcase dari produk parfum milikmu. Silakan desain situs website secara konsisten untuk warna, font, juga gaya merk.

Copywriting yang ada dalam situs juga wajib sesuai dengan branding juga target pelanggannya.

Ada beberapa hal yang perlu disediakan dalam website seperti landing page, laman Tentang Kami, laman Produk, dan Kontak.

Jangan lupa juga pastikan situs website milikmu didesain menggunakan tema responsif agar bisa ditampilkan dengan baik pada layar ponsel.

3. Gunakan Iklan Secara Online

Yap, mau tidak mau demi menjangkau pasar yang lebih luas, kamu harus menggunakan iklan secara online.

Tenang saja. Cara bisnis parfum online ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya bisa mengatur target audiens yang jadi tujuan.

Kamu bisa mengiklankan produk lewat mesin pencari ataupun media sosial. Ada juga platform yang bisa membuatmu beriklan sesuai anggaran.

Meskipun mengeluarkan budget, cara ini lebih hemat biaya karena anggaran yang diinginkan bisa ditetapkan sesuai dengan jumlah klik.

4. Buat Video untuk Berbagai Platform

Ada cukup banyak brand yang dikenal masyarakat karena membuat video yang unik. Kamu pun harus menggunakannya.

Cara bisnis parfum online ini bisa dilakukan dan silakan unggah video tersebut di beberapa platform seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan lainnya.

Konten yang bisa kamu buat tentu beragam. Bisa showcase produk, behind the scene produksi, parodi, bahkan tren wewangian pun bisa.

Silakan buat video yang dapat meningkatkan engagement yang leih baik dengan semua audiensmu.

5. Jual Lewat Pihak Ketiga

Cara ini bisa dibilang mirip dengan yang pertama tadi. Yap, kamu bisa menjualnya melalui pihak ketiga, contohnya lewat e-commerce yang besar.

Tujuan dari cara bisnis parfum online ini adalah demi membangun brand awareness dari produk parfum yang kamu miliki.

Intinya, jangan sampai produk yang dibangun sukar ditemukan oleh pelanggan. Ini bisa menjadi kanal lain untuk berjualan produkmu.

6. Gunakan Orang Terdekat Sebagai Influencer

Mungkin ini jadi cara bisnis parfum online yang cukup berbeda. Kamu bisa meminta bantuan dari teman juga keluarga untuk mengembangkan bisnis parfumnya.

Silakan minta mereka untuk membuat postingan mengenai merk parfum barumu dan mintalah untuk dibagikan.

7. Berikan Pelayanan Maksimal

Tentu saja, pelayanan yang maksimal dari setiap bagian yang ada dalam bisnis parfummu jadi hal yang sangat penting.

Contohnya saja melayani semua pelanggan dengan ramah, pemberian informasi produk secara detail dan komunikatif, juga lainnya.

Cara ini tentu sangat penting untuk memberikan experience yang baik bagi semua pelanggan.

Itulah beberapa cara bisnis parfum online yang bisa kamu lakukan. Semoga uraian ini cukup membantu!

Bagikan:

Firdaus Al Faqi, S.E. punya latar belakang pendidikan S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Orangnya suka nulis tapi nggak jauh-jauh dari tema manajemen, bisnis, dan teknologi. Kelihatannya banting setir dari background pendidikannya, tapi ternyata enggak juga.

Tinggalkan komentar